Juma' Barakka, Memupuk Berkah dari Berbagi

Juma' Barakka, Memupuk Berkah dari Berbagi

ACTNews, TAKALAR – Beribadah bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah bersedekah. Hal itulah yang membuat Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulawesi Selatan dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten Takalar mencetuskan kegiatan Juma' Barakka.

Juma' Barakka atau “jumat berkah” merupakan kegiatan yang diinisiasi untuk mengajak masyarakat untuk berbagi kebaikan. Seperti pada Jumat (15/3), masyarakat diajak membagikan makan siang gratis kepada orang-orang yang bekerja sebagai buruh lepas, seperti pengemudi becak, pengemudi ojek, petugas kebersihan, dan lain-lain.

Gerakan Juma’ Barakka dilangsungkan sejak bulan lalu. Adapun bantuan yang diberikan antara lain donasi uang juga makan siang. Para penerima manfaat juga diajak mengaji satu ayat.

Meski baru, gerakan ini sudah mulai merambah di hampir semua kecamatan yang ada di Kabupaten Takalar. Koordinator MRI Takalar Tompo mengatakan, bagi dirinya dan MRI Takalar, kegiatan Juma' Barakka adalah “investasi akhirat”. “Melalui sedekah, rezeki kita tidak akan habis, tetapi insyaallah ditambah oleh Allah. Sedekah membuka pintu rezeki," ujar Tompo. Jumat (15/3).

Setiap Jumat, Tompo dan para relawan memesan makanan, kemudian membagikan makanan tersebut. "Alhamdulillah nasinya selalu habis," kata Tompo.Tompo pun mengajak masyarakat bergabung dalam kegiatan ini. Masyarakat juga dapat mengikuti gerakan ini dengan memberikan donasi. Ia juga mengatakan, MRI Kabupaten Takalar terbuka bagi setiap orang yang ingin bergabung.[]