Jumlah Kasus Melandai, Indonesia Segera Bebas Covid-19?

Kasus konfirmasi Covid-19 di Jawa-Bali turun 98 persen dari puncak per 15 Juli 2021. Sedangkan, kasus aktif Covid-19 di luar Jawa-Bali turun 96 persen dari puncak per 24 Juli 2021. Akankah Indonesia segera bebas Covid-19?

Jumlah Kasus Melandai, Indonesia Segera Bebas Covid-19?
Tim Humanity Medical Services ACT sedang melakukan Vaksinasi Keliling di Kelurahan Petamburan, Jakarta Barat. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, kondisi pandemi yang melanda tanah air sudah melandai dengan dibuktikan penurunan kasus konfirmasi dan kasus aktif Covid-19.

Menurutnya, kasus konfirmasi nasional turun 96,9 persen dibandingkan puncak gelombang II per 15 Juli 2021. Kemudian, kasus aktif nasional turun 92,6 persen dibandingkan puncak pada 24 Juli 2021.

Pria yang juga menjabat Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali ini mengungkapkan, kasus konfirmasi di Jawa-Bali turun 98 persen dari puncak per 15 Juli 2021. Sedangkan, kasus aktif di luar Jawa-Bali turun 96 persen dari puncak per 24 Juli 2021.

Pada lain kesempatan, Head of Humanity Medical Services ACT dr. Arini Retno Palupi menyampaikan, jumlah kasus Covid-19 yang melandai harus disikapi secara serius oleh tiap komponen masyarakat. Menurutnya, masyarakat jangan terlalu euforia terhadap kondisi ini karena Covid-19 belum hilang sama sekali dan risiko peningkatan kasus masih bisa terjadi.

“Kita tahu saat ini penularan Covid-19 sedang dalam titik terendah, tetapi jangan sampai kita malah lengah dengan membebaskan diri beraktivitas di luar rumah tanpa protokol kesehatan yang ketat. Silahkan masyarakat boleh saja beraktivitas tapi penting untuk mengikuti aturan yang berlaku demi menjaga diri dan orang sekitar,” ungkapnya kepada ACTNews, Kamis (30/9/2021).

Dr. Arini menjelaskan, protokol kesehatan menjadi sesuatu yang bersifat keharusan dan mulai menjadi kebiasaan baru dalam kehidupan. Di samping ia menekankan pentingnya masyarakat untuk melakukan vaksinasi dengan tidak perlu ragu dan takut mendatangi gerai-gerai vaksinasi milik Pemerintah maupun swasta.

“Vaksinasi itu adalah ikhtiar bersama kita dalam mencegah agar saat terkena Covid-19 hanya mengalami gejala ringan atau tidak bergejala, ini meminimalisir dari gejala penyakit berat dan kematian. Insyaallah mari kita bersama melalui pandemi ini dengan terus berikhtiar dengan vaksinasi dan menjalankan protokol kesehatan agar Indonesia segera terbebas dari pandemi,” tambahnya.[]