Jurus Evi Pertahankan Usaha Kelontong Saat Pandemi

Setelah sebelumnya menjual beragam barang kebutuhan harian Evi (40), kini lebih memfokuskan usahanya kepada barang pokok yang memang lebih dicari masyarakat. Sebab warungnya kini lebih sepi dibandingkan hari-hari normal.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, Evi membutuhkan modal yang cukup besar. (ACTNews)

ACTNews, BENGKALIS – Global Wakaf-ACT mengimplementasikan bantuan Wakaf UMKM di Kabupaten Bengkalis, Riau. Evi (40) menjadi salah satu dari empat pelaku usaha yang menerima bantuan modal wakaf ini pada Sabtu (26/6/2021) lalu.

Dampak pandemi memang benar-benar dirasakan Evi belakangan. Warung kelontong yang berdiri di dekat rumahnya di Kelurahan Talang Mandau, Kecamatan Mandau, kini mulai sepi pengunjung. Evi sekarang lebih memfokuskan kepada barang-barang yang memang dicari masyarakat.

“Sekarang saya mencoba perutungan dengan lebih memfokuskan ke penjualan beras, karena yang benar-benar dicari sekarang adalah beras sebagai makanan kebutuhan pokok. Cuma kendalanya untuk mengadakan bahan pokok itu, modalnya cukup besar,” terang Evi yang juga bekerja sebagai guru honorer di sebuah SD ini.


Untuk mewujudkan rencana tersebut, Evi akhirnya sempat meminjam modal kepada bank beberapa tahun yang lalu. Ia mengakui bunga yang harus ia bayarkan cukup besar, tetapi beruntung utangnya kini sudah hampir lunas. “Alhamdulillah, sekarang cicilannya sudah hampir habis. Ke depannya saya tak mau lagi terlibat dengan pinjaman berbunga,” sambung Evi.

Kini di samping kesibukannya menjadi ibu rumah tangga dan mengajar, Evi berharap usaha yang ia jalankan kembali lancar seperti sediakala. Ia pun berterima kasih dengan hadirnya bantuan dari Global Wakaf-ACT. “Harapan saya mudah-mudahan ke depannya usaha saya bisa berkembang dengan baik, dan selalu berkah,” ujar Evi.

Wakaf UMKM menjadi salah satu ikhtiar Global Wakaf-ACT dalam memajukan UMKM di masa sulit dampak pandemi. Program ini diharapkan menjadi motor penggerak usaha di tengah pandemi. Global Wakaf-ACT sudah menghadirkannya sejak beberapa waktu lalu dan telah menyerahkan bantuan usaha untuk pengusaha skala kecil dan mikro di berbagia penjuru negeri. []