Jutaan Liter Air Bersih Mengalir untuk Warga Gaza pada Desember Ini

Aksi Humanity Water Tank terus berlanjut di Gaza. Desember ini, jutaan liter air bersih didistribusikan untuk warga Wadi Alsalqa, Beit Lahia dan Nuserait.

air bersih untuk gaza
Distribusi air bersih untuk warga Gaza. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Wajah warga Wadi Alsalqa dan Nuseirat, Gaza, begitu semringah ketika Humanity Water Tank tiba. Jeriken dan toren-toren air mereka telah terisi penuh. Desember ini, 65.000 liter bantuan air bersih dibagikan setiap hari.

Said Mukaffiy dari Tim Global Humanity Response-ACT menjelaskan. Setiap warga sedikitnya menerima bantuan 20 liter air. “Dalam satu bulan, satu armada HWT ACT dapat membagikan hampir 2 juta liter air,” kata Said.

Air yang dibawa HWT ACT diambil langsung dari Sumur Wakaf di berbagai wilayah di Gaza. Kualitas air yang dibagikan juga sangat baik.


Armada Humanity Water Tank yang digunakan untuk pendistribusian air. (ACTNews)

Air telah melalui sistem penyaringan untuk memisahkan air dengan kotoran dan zat asing.

Saat ini hanya sekitar 30 persen warga Gaza yang dapat menikmati air bersih dengan jumlah yang layak tiap harinya. Sisanya, mereka meminum air yang tercemar," kata Said.

Sejauh ini, ACT telah memiliki tiga armada distribusi air dan diproyeksikan akan bertambah berkat konsistensi dukungan dermawan. Dengan begitu, jika armada distribusi air beroperasi secara bersamaan, maka jumlah para penerima manfaat pun akan sangat banyak.[]