Kala Hidangan Humanity Food Truck Temani Nasuah Berbuka Puasa

Untuk biaya makanan, termasuk untuk berbuka puasa, mereka hanya makan ala kadarnya. "Buka puasa makan pakai apa saja yang ada, keluarga saya mah enggak muluk-muluk kalau soal makanan. Adanya itu, uangnya cukupnya beli itu, ya Alhamdulillah saja," ujar Nasuah.

Nasuah, salah satu penerima manfaat Humanity Food Truck.
Nasuah, salah satu penerima manfaat Humanity Food Truck. (ACTNews/Rizki Febianto)

ACTNews, JAKARTA TIMUR – Sejak kecil, Nasuah (69) sudah mengalami gangguan penglihatan pada mata kirinya. Lambat laun pun mata kirinya sudah tidak berfungsi lagi, sehingga ia hanya mengandalkan mata kanannya untuk melihat. Akibatnya, sejak remaja ia sudah kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Lamaran pekerjaannya selalu ditolak karena dianggap penglihatannya akan mengganggu performa kerjanya, dan merugikan tempatnya bekerja.

Bukan tak berusaha, sebenarnya ia ingin mencoba melakukan pengobatan pada matanya, namun faktor ekonomi keluarga yang saat itu pelik, dan ketidakpahaman terhadap sistematika pengobatan di rumah sakit, membuat Nasuah mengurungkan niat berobat. Mata kiri Nasuah pun tetap tidak berfungsi hingga hari tua.

Kini, Nasuah tinggal bersama anak dan keempat cucunya di rumah kecil di wilayah Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur. Suaminya telah lama meninggal. Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, ia mengadakan pekerjaan anaknya yang merupakan seorang kuli bangunan. Meskipun penghasil anaknya tidak banyak, menurut Nasuah itu cukup untuk bertahan di kerasnya kehidupan Jakarta.

Untuk biaya makanan, termasuk untuk berbuka puasa, mereka hanya makan ala kadarnya. "Buka puasa makan pakai apa saja yang ada, keluarga saya mah enggak muluk-muluk kalau soal makanan. Adanya itu, uangnya cukupnya beli itu, ya Alhamdulillah saja," ujar Nasuah, Jumat (30/4/2021).

Pertemuan ACTNews dan Nasuah bertepatan dengan distribusi sajian iftar Humanity Food Truck milik di Kelurahan Rawa Bunga. Sebagai salah satu penerima, Nasuah mendatangi food truck dengan antusias ikut mengantre untuk mendapatkan hidangan yang lezat dan bernutrisi tersebut.

"Kalau yang suka bagiin makanan itu biasanya di masjid, tetapi itu juga saya enggak pernah kebagian. Untungnya tadi di situ (Humanity Food Truck) mereka buatnya banyak banget, jadi saya bisa kebagian. Bisa buka puasa pakai (hidangan) ini jadinya," syukur Nasuah. Ia pun berharap aksi pembagian bantuan makanan seperti ini bisa terus dilakukan, tidak hanya oleh ACT namun juga oleh pihak lain yang punya rezeki berlebih.[]