Kanker Tiroid Pupuskan Ikhtiar Irwansyah Mencari Nafkah

Kanker Tiroid Pupuskan Ikhtiar Irwansyah Mencari Nafkah

Kanker Tiroid Pupuskan Ikhtiar Irwansyah Mencari Nafkah' photo

ACTNews, DELI SERDANG – Irwansyah (45) hanya bisa merebahkan tubuhnya, tak lagi dapat bekerja seperti biasa. Kanker teroid yang bersarang di lehernya sejak Desember 2018 silam menghambat kegiatan sehari-hari Irwansyah, termasuk mencari nafkah.

Sehari-hari Irwansyah berprofesi sebagai tukang becak. Ia biasa bekerja di sekitaran Jalan Deli Tua yang ada di Deli Tua Timur, Kecamatan Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang. Tak menentu penghasilannya. Hal ini juga yang menjadi penghambat pengobatan pada kanker yang ia derita.

Kondisi Irwansyah terlihat menurun saat tim Mobile Social Rescue (MSR)-Aksi Cepat Tanggap Sumatra Utara pada Jumat (5/4) lalu mengunjungi kediaman Irwansyah dan keluarganya. Di rumah yang disewa Irwansyah untuk tempat tinggal keluarganya itu, tim MSR-ACT melakukan peninjauan awal untuk pendampingan medis Irwansyah. “Setelah mendapatkan informasi dari mitra, kami langsung ke tempat tinggal Irwansyah,” ungkap Yessi Oktaviana dari tim MSR-ACT Sumut, Senin (8/4).

Saat tiba di rumah sewa yang ada di Gang Gedek, Deli Tua Timur, terlihat Irwansyah hanya dapat terbaring. Leher bagian kanannya membengkak dengan luka. Irwansyah menuturkan, awalnya bermula dengan adanya kelenjar kecil yang muncul di leher. Penanganan pertama dari dokter pada Januari lalu hanya memberikan obat biasa.

Setelah dua bulan sejak permeriksaan pertama, kondisi kelenjar di lehar Irwansyah tak kunjung baik, malah menjadi semakin besar. “Saat itu saya periksa lagi ke dokter praktik. Setelah biopsi dinyatakan terjangkit kanker teroid. Dokter menyarankan untuk melakukan kemoterapi,” tutur Irwansyah kepada tim MSR.

Kendala ekonomi menjadikan kemoterapi yang disarankan dokter tak dilakukan Irwansyah. Jaminan kesehatan yang dimiliki Irwansyah dan keluarganya juga tak dapat diklaim karena sudah tiga tahun tak membayar iuran. Keluarga hanya bisa membawa Irwansyah ke pengobatan alternatif namun tak kunjung sembuh, bahkan muncul luka seperti terbakar.

Setelah melakukan peninjauan awal pada Jumat (5/4), selanjutnya tim MSR-ACT Sumut akan melakukan pengecekan tunggakan jaminan kesehatan serta denda yang ditanggung Irwansyah. Selain itu, pendampingan medis juga akan dilakukan MSR terhadap Irwansyah. “Saat ini kami juga sedang mempersiapkan untuk penggalangan dana daring melalui Kitabisa.com,” ungkap Yessi. []

Bagikan