Kapal Pengungsi Rohingya Tenggelam, Puluhan Penumpang Hilang

Sebanyak 27 pengungsi Rohingnya dinyatakan hilang setelah kapal mereka tenggelam di perairan dekat Pulau Bhashan Char pada Sabtu (14/8/2021). Mayoritas pengungsi yang berada di kapal tersebut adalah wanita dan anak-anak.

kapal rohingya tenggelam
Ilustrasi. 27 pengungsi Rohingya hilang saat kapal mereka tenggelam di Bangladesh (Epa-Efe/Abir Abdullah)

ACTNews, BHASAN CHAR – Sebanyak 27 pengungsi Rohingnya dinyatakan hilang setelah kapal mereka tenggelam di perairan dekat Pulau Bhashan Char pada Sabtu (14/8/2021). Mereka dilaporkan tengah berupaya kembali ke kamp pengungsian mereka sebelumnya di Cox’s Bazar, setelah direlokasi ke Pulau Bhasan Char.

Kepolisian setempat mengatakan bahwa kapal yang digunakan para pengungsi untuk melarikan diri adalah tipe kapal nelayan yang berukuran kecil. Saat kejadian, kapal tersebut ditumpangi oleh 41 pengungsi. Namun, karena saat itu cuaca sedang buruk, ombak besar membalikkan kapal saat mereka baru mencapai di Teluk Benggala yang belum terlalu jauh dari Pulau Bhasan Char.

“Pengungsi berada di atas kapal ketika terbalik tadi malam. Sekitar 14 orang dari keseluruhan pengungsi telah kembali tanpa cedera,” ujar Mahe Alam, kepala polisi di pulau Bhasan Char.

Mahe menambahkan operasi penyelamatan dan pencarian pengungsi yang hilang masih dilakuan hingga sekarang, dan melibatkan berbagai pihak. Dari mulai penjaga pantai, angkatan laut, hingga angkatan udara.

Sementara itu, administrator pemerintah untuk Bhasan Char, Sujit Kumar Chanda mengatakan, saat ini belum ada mayat yang ditemukan. Mayoritas pengungsi yang berada di atas kapal, disebut Kumar adalah wanita dan anak-anak. Beberapa bahkan dilaporkan masih balita. Ia juga menyebut terdapat anak berusia dua tahun yang diselamatkan secara dramatis oleh ayahnya yang menggendong anak itu di atas sambil berenang.

Peristiwa tenggelamnya kapal pengungsi Rohingya pun bukan yang pertama. Pada 2020 lalu, 15 pengungsi Rohingya tewas ketika perahu kayu yang penuh sesak membawa lebih dari 100 pengungsi terbalik dalam perjalanan untuk melarikan diri ke Malaysia.

Untuk diketahui juga, pemerintah Bangladesh tengah berupaya untuk merelokasi hampir 20 ribu pengungsi Rohingya dari kamp pengungsian di Cox’s Bazar ke pulau Bhasan Char. Namun, pemindahan ini ditentang banyak pengungsi, yang menilai pulau tersebut rawan bencana alam. []