Kapal Ramadhan Antarkan Paket Pangan hingga ke Pulau Tunda

Kapal Ramadhan antarkan bantuan paket pangan kepada masyarakat di Pulau Tunda. Di pulau ini, mayoritas masyarakat adalah nelayan dengan penghasilan tak menentu.

kapal ramadhan pulau tunda
Warga Pulau Tunda membawa bantuan paket pangan dari para dermawan. (ACTNews)

ACTNews, SERANG – Pulau Tunda merupakan salah satu pulau yang berada di Kabupaten Serang, Banten. Pulau ini terletak di bagian utara Kabupaten Serang dan bisa ditempuh menggunakan perahu selama kurang lebih dua jam dari dermaga Karangantu, Kabupaten Serang.

Menurut Sukma dari tim ACT Serang Raya, banyak masyarakat Pulau Tunda yang merantau untuk mencari pekerjaan di luar pulau. Penyebabnya hanya ada sedikit lapangan pekerjaan di Pulau Tunda.

“90 persen masyarakat di Pulau Tunda bekerja sebagai nelayan dan sisanya sebagai petani. Penghasilan sebagai nelayan yang tidak menentu membuat banyak masyarakat Pulau Tunda, umumnya anak-anak muda, memilih merantau keluar pulau,” ujar Sukma, Sabtu (30/4/2022).

Menggunakan Kapal Ramadhan, Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) mendistribusikan bantuan kemanusiaan amanah dari para dermawan untuk masyarakat Pulau Tunda pada Jumat (29/04). Bantuan yang diberikan yaitu 300 Paket Pangan Ramadhan berupa beras, terigu, minyak goreng, dan berbagai kebutuhan pokok lainnya.

“Selain itu didistribusikan 50 pak beras zakat dan pelayanan kesehatan oleh tim Humanity Medical Services (HMS),” katanya.  

Maemunah salah satu warga Pulau Tunda mengucapkan terima kasih kepada Aksi Cepat Tanggap dan para sahabat dermawan yang telah berkolaborasi dalam menghadirkan bantuan ini.

“Terima kasih untuk bantuan paket pangan dan pelayanan kesehatan gratisnya. Karena untuk berobat kami di sini kesulitan,” ungkap Maemunah.[]