Kapal Ramadhan Jangkau Warga Pedalaman Nusantara

Di tahun kedua pandemi, Kapal Ramadhan dari ACT kembali berlayar mengantarkan paket pangan kebahagiaan untuk warga di pedalaman dan kepulauan. Ikhtiar ini dilakukan demi meluasnya kedermawanan.

1
Paket pangan tengah dibawa relawan MRI untuk warga pedalaman Takalar. (ACTNews)

ACTNews, TAKALAR, MENTAWAI – Di pekan akhir Ramadan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) melayarkan Kapal Ramadhan ke berbagai pelosok negeri. Mendistribusikan paket pangan kebahagiaan menjadi tujuan utama. Pasalnya, mereka yang tinggal jauh di pedalaman dan sulit akses ke perkotaan masih jarang mendapatkan perhatian.

Salah satu lokasi yang menjadi tujuan Kapal Ramadhan tahun ini ialah Dusun Dande Dandare, Desa Maccini Baji, Kepulauan Tanakeke, Kabupaten Takalar yang dihuni oleh warga berprofesi sebagai nelayan yang bergantung pada musim ikan. Kapal yang didukung  PT Bank Maybank Indonesia melalui itu membawa ratusan paket pangan dan berangkat dari Pelabuhan Galesong, Desa Boddia, Galesong, Kabupaten Takalar, Selasa (11/5/2021). Dimulainya pelayaran ini pun dilepas langsung Bupati Takalar Syamsari Kitta dan disaksikan langsung oleh tim ACT dan relawan Masyarakat Relawan Indonesia Sulawesi Selatan yang juga akan mengemban misi mengantarkan langsung paket pangan ke warga.

“Saya mewakili masyarakat dan pemerintah Takalar mengucapkan banyak terima kasih kepada donatur ACT atas kedermawanannya membantu saudara sebangsa di pelosok negeri. Tahun ini jadi yang kedua Kapal Ramadhan mengantarkan bantuan untuk masyarakat pelosok Takalar,” ungkap Syamsari.

Selain ke Takalar, Kapal Ramadhan di tahun kedua pandemi ini juga berlayar ke Kepulauan Mentawai. Berangkat dari Padang, Jumat (7/5/2021) lalu, kapal yang dilepas langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Anshorullah tersebut membawa relawan MRI serta 10 ton bantuan kemanusiaan untuk warga prasejahtera, mualaf dan muslim yang masih minoritas. Logistik bantuan tersebut dihimpun di Wakaf Distribution Center, Padang Timur, sejak awal Ramadan dengan melibatkan berbagai pihak.

Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi saudara kita yang sedang menjalankan Ramadan di Kepulauan Mentawai. Dan terima kasih juga kepada ACT Sumbar karena terus bergerak dalam kebaikan membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ungkap Mahyeldi. Kapal Ramadhan yang berlayar dari Padang ini memiliki dua tujuan. Pertama ialah Kecamatan Siberut Selatan serta Kecamatan Sikakap.

Program Kapal Ramadhan sendiri telah ACT hadirkan sejak beberapa tahun lalu. Tujuannya ialah lokasi-lokasi yang sulit dijangkau dan jarang mendapatkan perhatian dari publik serta bantuan kemanusiaan. Di tahun ini, dengan masih mewabahnya Covid-19, Kapal Ramadhan tetap berlayar mengantarkan kebahagiaan. Tak hanya Takalar dan Mentawai, kapal tersebut juga telah berlayar menyapa warga pedalaman dan kepulauan di daerah lain seperti Palembang dan Batam.[]