Kapal Ramadhan Kembali Berlayar untuk Warga Tepian Musi

Ramadan tahun ini, Kapal Ramadhan kembali berlayar untuk menyapa warga tepian Musi. Bantuan kemanusiaan sebagai hadiah Ramadan telah tersampaikan.

1
Penurunan muatan Kapal Ramadhan untuk warga tepian Musi. (ACTNews)

ACTNews, PALEMBANG Di momen 10 hari terakhir Ramadan, tepatnya Kamis (6/5/2021), Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatra Selatan berlayar dengan kapal menyapa warga prasejahtera di tepian Sungai Musi. Di tengah pandemi yang melanda lebih dari satu tahun ini, mereka tak lekang dari dampak. Ekonomi hingga aktivitas mereka terbatas, sehingga wilayah yang mayoritas dihuni petani dan buruh harian lepas itu perlu dibantu.

Aksi yang dikemas dalam program Kapal Ramadhan 1442 Hijriah ini membawa ratusan paket pangan yang terdiri dari bahan pangan pokok seperti beras, minyak, tepung, gula, dan lain-lain. Warga yang menjadi sasaran ialah yang menghuni Pulau Salah Nama, Mariana, dan Banyuasin. Selain paket pangan, 160 mushaf Al-Qur’an juga diserahkan ke santri yang tersebar di Kelurahan Pulo Kerto, Gandus.

“Tahun lalu kami terhambat pandemi dan pengetatan pembatasan aktivitas, sehingga tak melayarkan Kapal Ramadhan. Tapi di tahun ini yang masuk era kenormalan baru, kami bisa bersilturahmi ke warga di tepian Sungai Musi dengan membawa amanah dari dermawan dengan menerapkan protokol kesehatan,” jelas Aris dari tim Program ACT Sumatra Selatan.

Di tepian Sungai Musi, banyak warga tinggal. Kondisi ekonomi mereka prasejahtera, bahkan tak ada pandemi pun ekonomi mereka lemah. Belum lagi keterbatasan fasilitas umum membuat mereka seakan terisolir dari kemajuan. Posisi mereka pun jauh dari pusat kota, hal ini juga yang menghambat kemajuan ekonomi mereka.

Hal ini yang kemudian membuat ACT sejak 2017 lalu menginisiasi Kapal Ramadhan. Beberapa pulau seperti Salah Nama, Borang, Sungai Pedado, Ibul Besar II hingga Pulo Kerti menjadi tempat sandaran kapal yang membawa kebaikan masyarakat ini. Aris menambahkan, di tahun ini, dukungan 21 komunitas turut menyertai di samping sedekah jutaan rupiah yang terkumpul dari dermawan.

“Lewat Kapal Ramadhan kami berharap bisa ikut berkontribusi memberikan bantuan kepada warga tepian Musi. Yang mana kita tahu, selama pandemi mereka begitu merasakan dampaknya. Semoga ikhtiar ini selalu ada dan menjadi amalan terbaik kita semua,” ucap Usamah dari Komunitas Give Society.[]