Karnaval Qurban Sapa Masyarakat Tasikmalaya

Karnaval Qurban juga hadir di tengah warga Tasikmalaya. Kegiatan edukasi kurban ini bertujuan untuk mengajak lebih banyak dermawan untuk meluaskan maslahat kurban pada Iduladha 1440 H nanti.

ACTNews, TASIKMALAYA - Global Qurban-ACT Tasikmalaya bersama dengan Irema Al Hikmah Sambong, Irmala Bungursari, dan Irema SMKN 2 Tasikmalaya menggelar Karnaval Qurban di sekitar Taman Kota dan Masjid Agung Tasikmalaya. Acara tersebut dilaksanakan pada Ahad (28/7), dalam rangka menyambut Hari Raya Iduladha yang jatuh pada Agustus mendatang.

Karnaval Qurban menampilkan beberapa penampilan seni oleh masing-masing Irema, seperti marawis, puisi, dan lain-lain. Hal ini dirasa penting untuk mengedukasi masyarakat mengenai kurban dan mengajak lebih banyak orang untuk berkurban. Terlebih ini jadi momen di mana semua orang bisa saling menebarkan kebahagiaan di Idul Adha dengan berkurban. 

“Berbicara tentang kurban bukan hanya berbicara tentang makan daging atau tidak. Ini lebih ke berbicara tentang keikhlasan dan berbagi kebahagiaan, khususnya dengan saudara kita yang sangat membutuhkan. Ibadah kurban menjadi salah satu ikhtiarnya,” ungkap Fauzi dari tim Global Qurban-ACT Tasikmalaya.

Karnaval Qurban juga membawa serta ternak kambing untuk menghidupkan suasana kurban. Karnaval Qurban memang menyasar masyarakat yang sedang berlibur atau sekadar berolahraga di sekitar taman kota Tasikmalaya. Kegiatan tersebut mendapatkan respons yang baik dari para pengunjung. Mereka umumnya berkunjung ke Booth, berdonasi, atau ada juga yang hanya berswafoto dengan kambing yang dibawa oleh tim Global Qurban-ACT.

Sejak 2012 hingga 2018, total penerima manfaat Global Qurban-ACT mencapai 6.774.927 jiwa. Sebanyak 94.543 hewan kurban setara kambing telah dibagikan ke 43 negara penerima manfaat. Mengangkat tema “Dermawan Berqurban, Berkahnya Bahagiakan Semua”, tahun ini Global Qurban-ACT menargetkan dapat menjangkau 250 kota/kabupaten di Indonesia hingga 50 negara di dunia yang membutuhkan. 

Apresiasipun disampaikan oleh rekan-rekan dari Irema SMKN 2 Tasikmalaya. Mereka merasa senang karena sudah bisa ikut andil dalam kegiatan Karnaval Qurban. “Alhamdulillah kami sangat senang bisa ikut serta acara ini, nambah pengalaman juga buat kami. Kami berdoa semoga tim Global Qurban-ACT diberikan kesehatan dan kelancaran untuk menghadapi Iduladha. Semoga ACT juga bisa terus menebar kemanfaatan,” ungkap Firda salah stau anggota Irema SMKN 2 Tasikmalaya. []