Kebahagiaan Penyintas Gempa Mamuju Terima Perlengkapan Ibadah Baru

Global Zakat-ACT mewujudkan keinginan para penyintas gempa Mamuju untuk memiliki perlengkapan ibadah baru. Menjelang Idulfitri mereka hanya bisa memakai perlengkapan ibadah yang diselamatkan dari sisa-sisa reruntuhan.

perlengkapan ibadah
Mami saat memakai mukena baru hasil pemberian para dermawan. (ACTNews)

ACTNews, MAMUJU — Suasana saat gempa masih terngiang-ngiang di benak Mami (80). Ia tidak menyangka, dirinya masih diberi umur panjang oleh Allah SWT hingga hari raya Idulfitri 1442 Hijriah tiba. Saat gempa mengguncang Mamuju awal 2021 lalu, dirinya pasrah jika sudah waktunya dipanggil Allah. 

Pendengaran, penglihatannya, dan kesehatan fisiknya mulai berkurang. Jangankan berlari untuk menyelamatkan diri, sekadar berjalan pun sudah tergopoh-gopoh. Ia hanya bisa diam di rumahnya di Kelurahan Rimuku, Kecamatan Mamuju, Mamuju, saat gempa berlangsung. 

“Tapi Allah masih kasih saya umur, menyelamatkan saya dengan mengirim orang. Rumah tidak hancur, tetapi guncangannya cukup membuat sebagian genteng jatuh dan tembok retak,” ujar Mami, Jumat (14/5/2021). 

Saat lebaran kemarin,  tidak ada baju atau alat ibadah baru. Mami tak punya cukup uang untuk membeli baju atau mukena untuk dipakai di hari raya. Mukena yang ia punya dipakai sehari-hari sejak 2015. Meski keinginan untuk membeli mukena baru ada, namun ia tidak pernah mengungkapkannya. 

“Sudah tua, sudah pasrah juga harus terus belajar bersyukur dengan apa yang punya. Sudah tidak ada lagi yang bisa dilakukan, ibadah saja, dzikir, takut sewaktu-waktu Allah panggil,” katanya. 

Tim ACT Mamuju, Ade Putra mengatakan, sehari usai lebaran, Global Zakat-ACT mewujudkan keinginan Mami untuk mempunyai perlengkapan ibadah baru. Selain Mami, para penyintas gempa mamuju yang lain juga diberi perlengkapan ibadah. Mereka sangat berbahagia saat menerima perlengkapan ibadah baru. Kebahagiaan itu tersirat saat mereka tersenyum dan mengucap syukur.

“Alhamdulillah sehari setelah lebaran, di tengah-tengah kesibukan silaturahmi Idulfitri Global Zakat-ACT mewujudkan keinginan para penyintas gempa Mamuju. Di mana saat Idulfitri mereka hanya bisa memakai perlengkapan ibadah yang diselamatkan dari sisa-sisa reruntuhan gempa,” kata Ade, Rabu (19/5/2021). 

Ade melanjutkan, selain penyintas gempa, para penerima manfaat juga merupakan orang lanjut usia. Mayoritas dari mereka merupakan warga prasejahtera yang sudah tak mampu lagi bekerja dan sedikit melakukan aktivitas fisik.[]