Kebahagiaan Ustazah Encar usai Mengajar Ngaji 31 Tahun

“Salah seorang wali murid saya menjadi rajin salat berjamaah 5 waktu di masjid. Dia terinspirasi karena melihat perubahan sikap anaknya yang masih kecil sudah rutin mengaji di madrasah,” kata Ustazah Encar menceritakan kebahagiaannya menjadi guru.

ustazah encar subang
Ustazah Encar saat menerima bantuan biaya hidup dari Global Zakat-ACT. (ACTNews)

ACTNews, SUBANG – Perjuangan dakwah Ustazah Encar (51) selama 31 tahun di Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Subang terbayar saat santrinya membuat perubahan. Bagi Ustaz Encar, inilah bayaran terindah seorang guru mengaji. 

Ustaz Encar mengajar mengaji di Madrasah At-Taufiq, Gang Sukaluyu, Jalan Otista, Karanganyar, Subang. Kegiatan menjadi guru madrasah dilakukan selama enam hari dalam sepekan. Sejak menjadi guru di madrasah tahun 1990, Ustazah Encar tidak digaji. 

“Salah seorang wali murid saya menjadi rajin sholat berjamaah lima waktu di masjid. Dia terinspirasi karena melihat perubahan sikap anaknya yang masih kecil sudah rutin mengaji di madrasah. Sebagai guru saya sangat bahagia dan bersyukur,” kata Ustazah Encar saat ditemui tim ACT Subang, Ahad (31/10/2021).


Bagi Ustazah Encar, hal itu menjadi bayaran terindah menjadi guru. Meski tidak digaji dengan materi, menurut Ustazah Encar Allah telah memberikan kebahagiaan yang belum tentu guru lain dapatkan. 

“Alhamdulillah ada hasilnya (menjadi guru). Saya bertekad untuk lebih giat lagi mengajar, sehingga semakin banyak anak yang bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat,” jelas ibu satu anak itu. 

Untuk makan sehari-hari, Ustazah Encar membuka warung yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari dan sayuran. Pendapatan dari warung tidak menentu, Rp50 ribu sampai Rp100 ribu per hari. Sementara sang suami bekerja sebagai kuli bangunan. 

Untuk mendukung perjuangan Ustazah Encar, Global Zakat-ACT memberikan bantuan biaya hidup. Bantuan ini merupakan realisasi dukungan ACT terhadap Gerakan Sejahterakan Dai Indonesia yang dicetuskan Majelis Ulama indonesia (MUI).[]