Kebaikan Dermawan Terangi Jalan di Zawaida, Gaza

Puluhan ribu warga Gaza di Kota Zawaida kini memiliki penerangan jalan yang lebih memadai. Sejumlah lampu jalan dipasang untuk memudahkan warga beraktivitas.

Kebaikan Dermawan Terangi Jalan di Zawaida, Gaza' photo
Mitra Aksi Cepat Tanggap memasang lampu penarang jalan di Kota Zawaida Gaza (ACTNews).

ACTNews, GAZA – Sejumlah jalan di Distrik Zawaida kini punya penerangan memadai. Berkat uluran tangan sahabat dermawan dan orang baik, Aksi Cepat Tanggap dan Kitabisa memberikan bantuan penerangan jalan yang dinikmati 10.000 jiwa yang tinggal di Zawaida.

Sejumlah relawan berompi ACT bergegas menumpangi mobil pikap. Membawa bendera Merah Putih, relawan menyusuri sejumlah jalan di Kota Zawaida.

“ACT dan Kitabisa melalukan instalasi lampu jalan 125 watt dan 150 watt juga. Kami juga menyuplai fitting bohlam dan kabel lampu,” terang Andi Noor Faradiba dari Global Humanity Response (GHR) – ACT.

Pemasangan instalasi penerangan jalan itu sudah dimulai sejak November 2019. Sebelumnya, sejumlah jalan di Zawaida gelap gulita. Aktivitas warga pun tidak terlalu nyaman karena penerangan jalan tidak memadai.

“Kini, penerangan dapat dinikmati masyarakat. Hingga 30.000 jiwa penduduk Kota Zawaida menggunakan jalan tersebut,” lanjut Faradiba.

Selama ini, ekonomi Gaza yang kolaps tidak dapat memenuhi hampir semua kebutuhan masyarakat Gaza. Fasilitas umum pun jarang tersedia, bahkan untuk lampu jalan.

Lebih dari itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengeluarkan peringatan sejak beberapa tahun silam. Peringatan itu menyebutkan bahwa pada tahun 2020, Jalur Gaza tidak dapat dihuni karena masalah parah dengan air, listrik, layanan kesehatan dan sistem pendidikan.

Padahal Middle East Eye melaporkan, pada 2020, populasi Gaza akan melampaui dua juta. Permintaan untuk listrik akan melonjak hingga lebih dari 50 persen. Sayangnya, untuk air bersih seolah tidak ada harapan. Akuifer pesisir wilayah itu bisa rusak tidak dapat diperbaiki. []


Bagikan