Kebaikan yang Meluas Hingga Tepian Negeri

Operasi Pangan Murah dan Gratis tak hanya ACT gelar di kota-kota besar di Jawa saja. Akan tetapi, juga meluas ke berbagai titik, bahkan hingga ke tepian negeri.

act tanjungpinang
Salah satu warga Bintan yang mendapatkan paket pangan dari Operasi Pangan Murah. (ACTNews)

ACTNews, TANJUNGPINANG – Masih dalam rangka Hari Pangan Sedunia, Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus meluaskan kedermawanan dalam bentuk bantuan pangan hingga ke penjuru negeri. Paket-paket kebaikan didistribusikan, walau medan dan jarak tempuh yang tak semudah dibayangkan.

Seperti pada Sabtu (16/10/2021) lalu saat ACT datang ke Kampung Teluk Merbau, Desa Berakit, Teluk Sebong, Bintan. Di perkampungan yang banyak dihuni Suku Laut ini ACT menggelar Operasi Pangan Murah untuk warga setempat. Paket pangan terbaik bisa didapatkan warga hanya dengan setengah harga.

“Alhamdulillah Operasi Pangan Murah kali ini sepenuhnya didukung oleh dermawan, sehingga, paket pangan bisa diterima gratis oleh warga Suku Laut di Berakit,” jelas Remy Maulana Hadie dari tim Program ACT Tanjungpinang.

Kampung Teluk Merbau merupakan salah satu perkampungan Suku Laut yang lokasinya berada di pinggiran pantai Bintan. Untuk tiba di perkampungan tersebut, dari pusat kota, harus melewati perkebunan kelapa. Suku Laut sendiri merupakan masyarakat yang sebelumnya menetap di atas perahu di perairan Nusantara.

Di Bintan dan berbagai pulau-pulau kecil di Kepulauan Riau, khususnya sekitar Batam, banyak menjadi tempat bermukim bagi Suku Laut yang sudah memilih tinggal di daratan. Tak sedikit juga mereka yang sudah memeluk agama Islam. Akan tetapi, ekonomi mereka masih banyak yang prasejahtera dengan nelayan menjadi profesi utama. Kondisi cuaca di laut dan musim ikan menjadi tantangan mereka dalam mencari nafkah.

“Aksi-aksi yang ACT gelar merupakan bagian dari ikhtiar bersama dermawan untuk menanggulangi dampak pandemi. Ini semua dapat berjalan karena dimotori oleh kebaikan,” tambah Remy.[]