Kebaikan Zakat yang Datang Lebih Cepat

Zakat yang ditunaikan para muzaki pada awal Ramadan lalu di Global Zakat kini sudah dinikmati para mustahik, salah satunya Untung Suryadi (56), seorang marbut dan guru ngaji di Tanah Abang.

Untung Suryadi (56) menerima beras Global Zakat dan makan malam melalui program Ketok Pintu Aksi Cepat Tanggap, Kamis (14/5). (ACTNews/Gina Mardani)

ACTNews, JAKARTA – Azan magrib baru saja berkumandang ketika ACTNews menyusuri gang di wilayah Penjernihan, Tanah Abang. Lantunan suara muazin menuntun kami ke masjid Al Muhajirin, tempat Untung Suryadi (56) mengabdi. Warga Tanah Abang itu adalah salah satu mustahik yang langsung ditemui Global Zakat - ACT melalui program Ketok Pintu, Kamis (14/5).

“Waalaikumussalam, silakan masuk,” kata Untung menyambut kami. Usai menumpang salat magrib di masjid, kami pun bergegas ke rumah Untung yang posisinya berada di atas WC umum dan di bawah atap aula di belakang Masjid Al Muhajirin. Rumah berukuran sekira sembilan meter persegi itu menjadi tempat Untung dan empat anggota keluarganya bermukim.

Sejak 2014, Untung memutuskan untuk tinggal di rumah petak itu. Bertahun-tahun ia pindah dari rumah kontrakan ke rumah kontrakan lainnya. “Dulu tinggal di kampung deret. Sekarang minta kebijakan pengurus masjid untuk tinggal di sini (rumah petak),” kata Untung. Kini, lelaki yang pernah merantau hingga ke Papua itu memilih tinggal di bangunan sekatan itu agar tidak tinggal di rumah kontrakan lagi. Pasalnya, bagi Untung, yang sehari-hari bekerja sebagai juru parkir, biaya kontrakan di Jakarta cukup tinggi.

“Saya sehari-hari bekerja sebagai tukang parkir. Benar janji Allah, rezeki datang dari tempat yang tidak disangka-sangka. Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada para dermawan ACT,” ungkap Untung, sesekali menyeka matanya.

Untung mengabdikan diri sebagai marbut masjid dan guru ngaji di Masjid Al Muhajirin sejak 2002. Ia pun menerima hadiah dari Pemerintah DKI Jakarta untuk berangkat umrah pada Oktober 2019 lalu.

Sutaryo dari Tim Program Global Zakat - ACT yang turut menemui Untung menjelaskan, melalui program Ketok Pintu, Global Zakat - ACT langsung membagikan zakat para muzaki kepada mustahik.

“Melalui zakat yang ditunaikan lebih cepat, lebih banyak saudara kita juga yang lebih cepat menerima manfaat zakat. Kami ingin mengajak sahabat dermawan untuk semakin membersamai para mustahik di sepuluh terakhir Ramadan ini,” jelas Sutaryo.[]