Kebakaran Hanguskan Pusat Perawatan Covid-19 Rohingya di Bangladesh

Kebakaran menghanguskan pusat perawatan pasien Covid-19 khusus pengungsi Rohingya di Cox’s Bazar, Bangladesh. Musibah ini membuat pengungsi ROhingya kehilangan salah satu fasilitas kesehatan.

kebakaran rohingya
Pusat perawatan Covid-19 di Cox’s Bazar yang hangus terbakar. (Dok. IOM Asia Pacific)

ACTNews, COX’S BAZAR – Api menghanguskan pusat perawatan pasien Covid-19 di Cox’s Bazar, Bangladesh pada Ahad (2/1/2022) malam. Berbagai fasilitas perawatan untuk pengungsi Rohingya yang terpapar Covid-19, hangus terbakar.

Foto-foto yang dibagikan badan migrasi PBB (IOM) melalui laman Twitter-nya, menunjukkan tempat tidur pasien yang hangus, atap yang telah roboh, dan lantai yang telah dipenuhi abu. Otoritas setempat saat ini tengah membersihkan puing-puing sisa kebakaran.


Otoritas terkait membersihkan puing-puing sisa kebakaran. (Dok. IOM Asia Pacific)

Meski tidak dilaporkan korban jiwa, IOM menyebut kebakaran ini akan sangat merugikan ratusan ribu pengungsi Rohingya yang saat ini bermukim di sejumlah kamp di Cox’s Bazar.

Penyebaran Covid-19 di Bangladesh terbilang sangat tinggi. Tenda pengungsi yang berdempetan membuat kerumunan tidak bisa dihindari. Sanitasi dan tingkat kebersihan di antara pengungsi yang rendah membuat penularan virus menjadi sangat mudah.

Sampai tulisan ini dibuat, belum diketahui penyebab kebakaran. Musibah kebakaran acap kali terjadi di Cox’s Bazar yang wilayahnya dikenal gersang. Pada tahun 2021, kebakaran beberapa kali terjadi di kamp pengungsi hingga merenggut korban jiwa.[]