Kebakaran Hebat di Sobang, Belasan Rumah Hangus Terbakar

Insyaallah, dalam waktu dekat, ACT Banten akan mendirikan Dapur Umum. Tentu, makanan tetap menjadi kebutuhan utama para korban.

ACTNews, LEBAK - Kebakaran hebat melanda permukiman padat penduduk di Kampung Pasir Eurih, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Rabu (24/7). Menurut informasi yang diperoleh tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Banten, kebakaran terjadi sekitar pukul 09.30 WIB dengan dugaan akibat adanya  korsleting listrik. 

Setidaknya ada 14 rumah dan satu rumah adat Kasepuhan Pasir Eurih yang hangus terbakar. Bangunan yang terbuat dari bilik kayu pun menyebabkan api mudah merambat, sehingga sulit dipadamkan. 

ACT bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Banten pun langsung turun ke lokasi untuk melakukan peninjauan. “Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa, namun sejauh ini kerugian ditaksir mencapai 760 juta rupiah,” kata Haeru dari tim MRI Banten. 


Haeru juga melaporkan, untuk fase tanggap darurat, ACT dan MRI Banten sudah memberikan bantuan awal sekaligus mendata seluruh kebutuhan para korban saat melakukan peninjauan. Meski medan menuju Kecamatan Sobang lumayan berat, kata Haeru, tim tetap melanjutkan perjalanan. 

“Alhamdulillah, kami telah memberikan sedikit bantuan untuk para korban,” tambah Haeru. 

Nantinya, ACT dan MRI Banten akan segera mendirikan Dapur Umum untuk bantu memenuhi pasokan makanan sehari-hari para korban. “Insyaallah, dalam waktu dekat, kami akan mendirikan Dapur Umum. Tentu, makanan tetap menjadi kebutuhan utama para korban,” terang Haeru. []