Kebakaran Hutan Melanda Turki, Tiga Orang Tewas

Cuaca ekstrem musim panas yang melanda Turki menyebabkan kebakaran hutan di wilayah Manavgat, Turki bagian Selatan. Sebanyak tiga orang tewas dalam insiden ini.

kebakaran turki
Kepulan asap hitam dari kebakaran hutan di sekitar Manavgat, Turki. (Reuters/Kaan Soyturk)

ACTNews,  MANAVGAT, TURKI Tiga orang tewas dalam kebakaran dahsyat yang terjadi di hutan Manavgat, Turki bagian Selatan, pada Kamis (29/7/2021). Puluhan warga desa dan pengunjung hotel telah berhasil dievakuasi, terlihat dalam tayangan televisi setempat menunjukkan gedung-gedung terbakar dan orang-orang menyelamatkan diri.

Pejabat setempat mengatakan bahwa lebih dari 60 kebakaran hutan telah terjadi di 17 provinsi di Aegean dan Pesisir Mediterania Turki sepanjang pekan ini. Dari kebakaran tersebut, 36 titik sudah teratasi dan 17 titik kebakaran lainnya masih berupaya dipadamkan.

Menteri Pertanian Turki Bekir Pakdemirli mengungkapkan, sebanyak 35 pesawat, 457 kendaraan, dan 4.000 personel terlibat dalam upaya pemadaman kebakaran, yang menyebar secara terpisah di berbagai wilayah. Yakni Provinsi Osmaniye, Kayseri, Kocaeli, Adana, Mersin, dan Kutahya.

“Perjuangan kami untuk menahan (kebakaran) terus berlanjut, dan pasti kami akan menahannya. Tapi ini mungkin akan memakan waktu,” ungkap Pakdemirli, pada Kamis (29/7/2021).

Pakdemirli merinci tewasnya tiga orang dalam insiden kebakaran ini, yang mana dialami oleh seorang pria berusia 82 tahun yang ditemukan tewas saat evakuasi di Kepezbeleni, 16 kilometer timur laut Manavgat. Sementara, dua orang lainnya ditemukan tewas di Degirmenli, 20 kilometer timur Manavgat.

Saat ini Turki tengah berjuang melawan serangkaian bencana yang disebabkan oleh kondisi cuaca ekstrem musim panas, termasuk bencana banjir bandang yang terjadi minggu lalu yang menewaskan enam orang di wilayah Laut Hitam.[]