Keberlanjutan Bantuan Beras untuk Santri Prasejahtera di Karanganyar

Septi Endrasmoro selaku Kepala Cabang ACT Solo menjelaskan bahwa masih ada pesantren-pesantren di Solo yang masih memiliki keterbatasan dalam hal infrastruktur maupun kebutuhan pangan.

Keberlanjutan Bantuan Beras untuk Santri Prasejahtera di Karanganyar' photo
Kebahagiaan santriwati Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Ulil Albab Gondangrejo menerima bantuan beras. (ACTNews/Khoirul Huda)

ACTNews, KARANGANYAR - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo kembali menyalurkan amanah para dermawan. Amanah berupa bantuan beras diberikan kepada Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ulil Albab Gondang Rejo dan Pondok Pesantren Ar- Robbani Putri Kebakkramat, di Karanganyar, Rabu (15/1). Bantuan tersebut merupakan implementasi program Beras untuk Santri Indonesia (BERISI) di Solo Raya.

Septi Endrasmoro selaku Kepala Cabang ACT Solo menjelaskan bahwa masih ada pesantren-pesantren yang masih memiliki keterbatasan dalam hal infrastruktur maupun kebutuhan pangan. “ACT mengupayakan agar program BERISI bisa optimal dan manfaatnya dirasakan merata ke pondok pesantren yang memang membutuhkan bantuan,” jelas Septi.

Ia menambahkan bahwa implementasi program BERISI di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ulil Albab merupakan kedua kalinya. Hal tersebut sebagai bukti konkret bahwa ACT Solo mengupayakan program berjalan secara berkelanjutan. Sementara itu, pendistribusian bantuan beras untuk  Pondok Pesantren Ar- Robbani Putri baru pertama kalinya.

Sementara itu, Ardian Sapto dari Tim Program ACT Solo mengungkapkan, ada santri yang merupakan kakak beradik dari Sumatra. Sudah setahun ini orang tua mereka menitipkan kedua santri penghafal Alquran itu di Ponpes Ar-Robbani. Namun. Orang tua mereka hingga saat ini belum pernah membayar infak belajar sejak kakak beradik itu masuk. Ponpes menyadari bahwa mayoritas orang tua yang menitipkan anaknya belajar di pondok tersebut dari keluarga yang terbatas ekonominya.

“Melihat kondisi keluarga santri yang mayoritas prasejahtera, membuat Pondok Pesantren Ar-Robbani Putri kekurangan dalam pemenuhan kebutuhan pangan. ACT Solo tergerak untuk segera memberikan bantuan BERISI, semoga bisa berkelanjutan,” tutur Ardian.

Sulaiman selaku perwakilan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Ulil Albab sangat mengapresiasi ACT Solo atas bantuan BERISI yang diberikan. “Alhamdulillah dua kali kami mendapatkan bantuan beras dengan total 2 ton, kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada ACT Solo,” ujarnya. []


Bagikan