Kebutuhan Pangan Terjangkau dari Operasi Pangan Murah

Kenaikan harga pangan beberapa waktu belakangan membawa pengaruh pada pemenuhan pangan, apalagi bagi keluarga prasejahtera. ACT berikhtiar menghadirkan solusi, salah satunya Operasi Pangan Murah di berbagai penjuru negeri.

operasi pangan murah banjarmasin
Operasi Pangan Murah di Kantor ACT Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (ACTNews)

ACTNews, BANJARMASIN – Lastri, warga Jalan Pramuka, Kelurahan Pemurus Luar, Kota Banjarmasin, mengeluhkan harga bahan pangan pokok yang melambung di tengah pandemi saat ini. Ia begitu kaget, apalagi kondisi ekonomi sedang tak baik-baik saja dampak Covid-19 yang mewabah sejak Maret 2020 lalu. Lastri tak tahu persis mengapa harga pangan melambung, yang ia rasakan hanyalah ancaman kesulitan memenuhi kebutuhan pangan.

Lastri merupakan satu dari sekian banyak orang, khususnya kaum ibu, yang mengeluhkan harga pangan yang tinggi. Berangkat dari kondisi ini juga, Aksi Cepat Tanggap berikhtiar menghadirkan solusi. Operasi Pangan Murah salah satunya.

Senin (8/11/2021), Operasi Pangan Murah digelar di Banjarmasin. Ini merupakan aksi kedua setelah peluncuran di wilayah Kalimantan Selatan akhir bulan lalu di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin.

“Sangat membantu sekali. Karena benar-benar untuk masyarakat yang kurang mampu di tengah pandemi seperti sekarang,” kata Lastri yang menjadi penerima manfaat Operasi Pangan Murah.

Menurut Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin, Operasi Pangan Murah kali ini mendapat dukungan dari sejumlah mitra. Beberapa di antaranya Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Banjarmasin, Wong Solo Group dan Pisang Keju Kai Ikin.

“Kedermawanan yang menjadi motor penggerak kebaikan ini harus terus dihidupkan. Karena, masih banyak saudara kita yang membutuhkan akses pangan murah dengan kualitas baik. Dengan terus hadirnya kebaikan ini pun, maka roda kebaikan lainnya akan terus berputar dan meluas,” ungkap Zainal.

Tercatat, ada 115 penerima manfaat dalam Operasi Pangan Murah kali ini. Menggunakan sistem kupon, sehingga antrean dapat lebih tertib dan tepat sasaran.[]