Kedermawanan Indonesia Hadirkan Kebahagiaan Idulfitri Pengungsi Suriah

Para dermawan Indonesia tidak melupakan para pengungsi Suriah tiap kali Idulfitri. Lebaran kali ini, zakat dan paket pangan diantarkan untuk mereka yang mengungsi di Idlib dan Arsal.

Kedermawanan Indonesia Hadirkan Kebahagiaan Idulfitri Pengungsi Suriah' photo
Pengungsi Suriah di Idlib menerima paket Lebaran dermawan ACT. (ACTNews)

ACTNews, IDLIB, ARSAL – Terpal tidak cukup menghalang hawa panas di tenda pengungsian. Belum lagi, para pengungsi Suriah di Idlib harus sesak berjejal karena sempitnya ruang tinggal. Dalam kondisi itu pula para pengungsi merayakan hari raya Idulfitri.

Umm Ali sedang bersama cucunya di salah satu tenda. Tidak ada persiapan khusus yang ia lakukan untuk menyambut Idulfitri. Ia menjadi salah satu penerima manfaat paket pangan Lebaran Aksi Cepat Tanggap.

“Terima kasih ACT, paket pangan ini membantu kami dan membahagiakan kami di kala Lebaran,” kata Umm Ali.

Paket Lebaran untuk pengungsi Suriah dibagikan kepada 1.800 jiwa pengungsi Suriah di Arsal, Lebanon, dan Idlib, Suriah. “Sejumlah 600 jiwa pengungsi Suriah di Arsal dan 1.200 jiwa di Idlib menerima paket Lebaran,” jelas Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response – ACT. Pembagian paket lebaran berlangsung pada 22-24 Mei lalu.

Berdasarkan data UNHCR, pengungsi Suriah teregistrasi hingga kini berjumlah 5.555.168 jiwa. Mereka tersebar di Turki, Afrika Utara, Turki, Irak, Jordan, dan Lebanon.[]


Bagikan