Kegembiraan Sama Terima Daging Kurban dari Indonesia

Kondisi ekonomi yang kian merosot di Gaza justru membuat keluarga Sama tidak mampu membeli hewan kurban dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan Sama mengaku, ia tidak menerima pemberian daging kurban karena hampir seluruh warga Gaza tidak mampu membeli hewan kurban.

Kegembiraan Sama Terima Daging Kurban dari Indonesia' photo

ACTNews, GAZA - Namanya Sama Ramy Zeyada, anak berusia 9 tahun asal Kota Gaza. Serupa dengan anak muslim di seluruh dunia, Sama selalu merasa tidak sabar menantikan hadirnya Hari Raya Iduladha. Kata Salma, pada momen itulah ia bisa menyantap daging yang menjadi makanan kesukaannya. 

“Aku sangat menantikannya karena bisa memakan daging, juga berkumpul bersama seluruh keluarga dengan suka cita,” kata Sama lugu. 

Namun, kondisi ekonomi yang kian merosot di Gaza justru membuat keluarga Sama tidak mampu membeli hewan kurban dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan Sama mengaku, ia tidak menerima pemberian daging kurban karena hampir seluruh warga Gaza tidak mampu membeli hewan kurban

Keadaan itu akan terus berlangsung kecuali ada dermawan di berbagai belahan dunia yang memberikan daging kurban di momen Iduladha. Pada Iduladha 2018 lalu, kebaikan dermawan Indonesia mewujudkan harapan Sama kala itu. Melalui Global Qurban, amanah masyarakat Indonesia berupa hewan kurban diantarkan hingga ke Gaza, Palestina.

Raut bahagia pun nampak pada wajah Sama sesaat menerima daging kurban dari tim Global Qurban yang ada di Gaza. “Aku senang sekali bisa terima daging kurban dari Indonesia. Ibuku memasak dagingnya sangat lezat. Terima kasih, semoga kalian selalu mendapat keberkahan dari Allah, dan bisa masuk surga atas semua kebaikan yang sudah diberikan kepada kami,” ungkap Sama. 


Sama sebagai anak yang masuk ke dalam kalangan rentan menjadi potret bahwa banyak keluarga Gaza yang hidup di bawah garis kemiskinan. Bahkan, statistik menyebutkan selama enam tahun terakhir, tingkat kemiskinan di Gaza bertumbuh menjadi 14%. Imbasnya, bencana kelaparan menimpa siapa saja yang tidak mampu membeli bahan makanan.

Tidak hanya di Kota Gaza, tim Global Qurban juga mendistribusikan daging kurban ke sejumlah wilayah antara lain Gaza Timur, Khan Yunis, dan Rafah. Puluhan unta disembelih, kemudian dagingnya diberikan kepada 1.800 warga di seantero Gaza. 

“Terima kasih Indonesia sudah membantu saya dan keluarga sampai bisa merasakan daging kurban saat Iduladha. Saya sangat senang dan merasa masih memiliki saudara yang bersedia berjuang untuk membantu saudaranya di Gaza. Semoga Allah selalu menjaga kalian semua,” tutur Jamal Taha Rayan (45) asal Gaza Timur. []

Bagikan