Kelas Mengaji jadi Cara MRI agar Musala Tetap Hidup

Kegiatan Kelas Mengaji MRI Makassar di musala Al-Jihad Kampung Pandang bertujuan agar musala tetap hidup dan berfungsi sebagai pusat pengembangan umat.

anak-anak sedang mengaji bersama relawan
Anak-anak Kampung Pandang saat sedang mengaji bersama relawan MRI Makassar. (ACTNews)

ACTNews, MAKASSAR – Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Makassar membuka Kelas Mengaji pada Mei 2021 lalu di Musala Al-Jihad, Kampung Pandang, Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Kegiatan ini merupakan program MRI agar musala yang dibangun MRI Makassar Raya terus hidup.

Pembuatan musala di Kampung Pandang dilatarbelakangi karena di kampung tersebut belum ada musala terdekat yang dapat digunakan umat Islam sebagai tempat ibadah dan dakwah. Kehadiran musala disambut baik oleh warga sekitar.

Antusiasme warga terlihat dengan semakin banyaknya anak-anak yang mengaji. Hingga saat ini jumah anak yang ikut Kelas Mengaji mencapai 20 anak. Bahkan sekarang juga ada pengajian ibu-ibu dan bapak-bapak. 

“Selama ini kebanyakan musala hanya digunakan sebagai tempat salat berjemaah. Namun MRI Makassar ingin agar musala fungsinya lebih dari itu, yakni sebagai pusat pengembangan umat,” jelas Hikma dari MRI Makassar kepada ACTNews, Selasa (17/5/2022). 

Bimbing Muslim di Kampung Mualaf

Sebelum buka Kelas Mengaji, MRI di Sulawesi Selatan juga telah membimbing muslim Kampung Mualaf di Kelurahan Betteng, Kabupaten Pinrang. Jarak Kampung Mualaf ini sekitar 63 kilometer dari pusat wilayah Pinrang.

Di kampung mualaf tersebut MRI melakukan berbagai kegiatan dakwah untuk anak-anak, ibu-ibu, dan bapak-bapak agar warga semakin mengerti agama Islam.