Keluarga Dede Nikmati Sumur Wakaf di Rumah Barunya

Selama 17 tahun Dede dan keluarganya tinggal di rumah tak layak huni tanpa fasilitas MCK. Namun, terhitung Feberuari ini mereka dapat menikmati rumah baru dan tanpa perlu lagi ke sungai untuk keperluan air bersih.

Keluarga Dede Nikmati Sumur Wakaf di Rumah Barunya' photo
Tim ACT, JNE, dan Keluarga Dede berfoto bersama dengan latar belakang rumah baru Dede yang telah direnovasi. (ACTNews)

ACTNews, TASIKMALAYA Hari membahagiakan bagi Dede dan keluarganya tiba pada Senin (24/2) lalu. Setelah 17 tahun tinggal di rumah tak layak huni tanpa fasilitas MCK, di hari itu Dede bersama keluarga bisa mulai menikmati rumah baru dengan fasilitas yang ada. Mereka kini tak perlu lagi harus ke sungai untuk mendapatkan air untuk keperluan sehari-hari. Sebuah Sumur Wakaf Keluarga dari Global Wakaf juga dibangun di sana.

Selama ini, Dede dan keluarga memanfaatkan sungai untuk berbagai keperluan. Itu pun sepanjang tahun mereka dapat dengan mudah memanfaatkan sungai, ketika kemarau air sungai menjadi keruh atau bahkan kering. Sedangkan musim hujan seperti sekarang ini dapat sungai jadi ancaman bencana karena dikhawatirkan arusnya yang deras dapat memakan korban.

“Januari lalu tetangga kami ada yang terbawa arus sungai saat beraktivitas di sungai itu,” kata Dede kepada tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang sedang berkunjung ke kediaman barunya di Desa Sukaratu, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Senin (24/2) siang.

Dede merupakan pekerja buruh serabutan yang tinggal di Sukaratu. Bapak yang semua anaknya masih sekolah dan salah satunya masih balita ini tinggal di rumah yang tak layak huni. Kamar mandi juga tak tersedia di rumahnya yang dulu, semua keperluan air ia mengandalkan dari sungai. Penghasilannya yang tak mementu membuat Dede belum mampu membangun rumah layak huni dengan kamar mandi di dalamnya.

Untuk itu, Global Wakaf pada Februari ini meresmikan tempat tinggal baru bagi Dede dan keluarga yang lengkap dengan fasilitas MCK dan sumber air yang berasal dari Sumur Wakaf Keluarga. Berkolaborasi dengan penyedia jasa pengiriman barang, JNE Tasikmalaya, Global Wakaf memulai renovasi rumah serta pembangunan sumur sejak beberapa pekan lalu.

M. Fauzi dari tim Program Global Wakaf Tasikmalaya mengatakan, Sumur Wakaf ini hadir atas kedermawanan JNE Tasikmalaya. Renovasi rumah juga dilakukan karena rumah yang lama sudah tak layak dihuni, terlebih Dede memiliki anak balita. “Dengan adanya rumah baru dari ACT dan sumur wakaf keluarga dari Global Wakaf dan JNE Tasikmalaya ini mampu mengubah kebiasaan keluarga Dede yang tadinya beraktivitas di sungai, kini dapat dilakukan sepenuhnya di rumah,” jelasnya.[]