Kemantapan Hati Halimah Bergabung di Dunia Kerelawanan

Dukungan penuh dari keluarga membuat Halimah yakin untuk terlibat aktif di berbagai aksi kemanusiaan bersama ACT, khususnya di wilayah Malang bagian selatan. Perkenalan awal dengan ACT saat bencana kekeringan menjadi pintu gerbang Halimah meluangkan waktunya untuk kemanusiaan.

Kemantapan Hati Halimah Bergabung di Dunia Kerelawanan' photo
Halimah saat berada di depan rumahnya di Desa Ringinsari, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Ahad (15/12). Ia merupakan salah satu relawan MRI-ACT untuk Malang bagian selatan. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, MALANG – Halimatus Saadiyah atau akrab disapa Halimah pada Ahad (15/12) lalu tengah sibuk mengurusi berbagai keperluan untuk mempersiapkan acara peresmian rumah Suliyah, salah satu penerima manfaat dari program Mobile Social Rescue. Saat tim ACT tiba di rumahnya di Desa Ringinsari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Halimah tak ada di rumah. Kami disambut oleh sang suami.

Halimah merupakan salah satu relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sejak beberapa bulan lalu ia telah melakukan berbagai aksi kemanusiaan bersama tim MRI-ACT Kabupaten Malang. Salah satunya ialah melakukan pendampingan medis ke Said, anak Suliyah yang mengalami kanker di bagian duburnya. Said meninggal dunia pada Oktober 2019 lalu, dan kini Halimah mengawal pembangunan rumah impian bagi Said yang akan diserahkan ke ibunya.

“Terlibat aktif di bidang kemanusiaan seperti memiliki kepuasan tersendiri, apalagi bisa membantu orang lain,” ungkap Halimah saat ditanya alasannya mau menjadi relawan.

Keluarga Halimah, khususnya anak dan suaminya, sangat mendukung Halimah untuk terlibat dalam berbagai kegiatan kerelawanan dan kemanusiaan bersama MRI-ACT Kabupaten Malang. Sang suami yang merupakan pegawai Perusahaan Listrik Negara bahkan tak segan ikut membantu Halimah saat menjalani aksi kemanusiaan.


Kepala Cabang ACT Malang Diki Taufik Sidik (kanan) menyerahkan rompi ACT kepada Halimah (kedua dari kanan) sebagai pengukuhan relawan, Ahad (15/12). Di hari itu juga dilangsungkan peresmian hunian untuk keluarga almarhum Said, peneriman manfaat ACT, yang didampingi Halimah. (ACTNews/Eko Ramdani)

Perkenalan Halimah dengan ACT berawal saat bencana kekeringan di tahun 2019 ini, yang juga melanda kampung tempat tinggal Halimah di Kabupaten Malang bagian selatan. Saat itu, ACT menggunakan Humanity Water Truck mendistribusikan air bersih bagi warga terdampak kekeringan di Desa Ringinsari. “Itu awalnya saya bertemu langsung dengan tim ACT, karena sebelumnya saya hanya tahu ACT lewat media saja,” jelas Halimah.

Sejak saat itu, Halimah kerap meluangkan waktunya untuk dunia kemanusiaan bersama relawan MRI-ACT Kabupaten Malang, khususnya di bagian selatan.

Bertepatan dengan peresmian hunian baru dari ACT untuk Suliyah, Halimah juga dikukuhkan sebagai relawan ACT di Malang bagian selatan oleh Kepala Cabang ACT Malang Diki Taufik Sidik. Pengukuhan ini ditandai dengan pemberian rompi baru relawan MRI-ACT kepada Halimah. “Bu Halimah menjadi salah satu relawan yang akan aktif di bidang kemanusiaan, khususnya di Malang bagian selatan,” ungkap Diki, di hadapan warga Ringinsari yang juga hadir di acara syukuran rumah baru Suliyah, Ahad (15/12).

Setelah peresmian rumah untuk Suliyah, saat ini Halimah akan melakukan pendampingan bagi salah satu peneriman manfaat sedekah rumah yang kediamannya juga tak jauh dari rumah Halimah. Selain itu, aksi kemanusiaan lain juga telah menunggu Halimah, khususnya di wilayah Malang bagian selatan. “Sampai saat ini, saya sangat menikmati kegiatan saya selain menjadi guru, juga terlibat di berbagai aksi kemanusiaan bersama MRI-ACT Kabupaten Malang,” ungkap Halimah. []


Bagikan