Kembali Jalin Kolaborasi, Global Wakaf dan ZIS Rohis Lintasarta Berdayakan Puluhan UMKM di Jakarta

Dalam kolaborasi kedua ini, Global Wakaf-ACT dan ZIS Lintasarta menyasar 26 UMKM yang tersebar di Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan, lewat program Wakaf UMKM.

wakaf umkm
Selain bantuan modal usaha, program Wakaf UMKM mendorong pqara penerima manfaat melalui pelatihan serta pendampingan usaha. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Global Wakaf-ACT bersama ZIS Lintasarta, kembali menyalurkan bantuan kepada para pelaku UMKM melalui program Wakaf UMKM. Pada kali ini, program Wakaf UMKM menyasar sebanyak 26 penerima manfaat yang tersebar di empat kelurahan Jakarta Pusat yakni Kelurahan Kebon Melati, Bendungan Hilir, Senen dan Serdang, dan Kelurahan Kemang, Jakarta Selatan.

“Sebelum pemberian bantuan pada awal Maret lalu, Global Wakaf-ACT bersama ZIS Lintasarta telah melakukan asesmen serta verifikasi langsung ke lokasi usaha dan tempat tinggal calon penerima manfaat. Bantuan ini nanti akan kita berikan dalam dua tahap,” ujar Adit dari Tim Global Wakaf-ACT pada Rabu (6/4/2022).

Tahap kedua akan diberikan setelah dilakukan monitoring dan evaluasi setelah program berjalan selama dua bulan, terhitung dari pemberian modal tahap satu di bulan Maret. Hal ini untuk mempertimbangkan progres usaha dan komitmen para penerima manfaat menjalani program ini.

Di samping bantuan modal usaha, Global Wakaf-ACT bersama ZIS Lintasarta juga memberikan pendampingan intensif kepada para pemetik manfaat. Fatiyah menjelaskan, pendampingan diberikan dalam dua skema, yaitu pendampingan kelompok yang diberikan setiap dua pekan, dan pendampingan individu sekali dalam sebulan untuk seluruh penerima manfaat.


“Terdapat tiga nilai yang diterapkan dalam proses pendampingan, yaitu nilai
spiritual motivation, character building, dan business management. Harapannya setelah mengikuti program ini, para UMKM tidak hanya memiliki semangat untuk meningkatkan omzet usaha, tapi memiliki jiwa entrepreneurship yang dermawan dan menjadikan usaha mereka sebagai ladang untuk meningkatkan amal serta bisa berjemaah menjadi pribadi dengan akhlakul karimah,” jelas Adit.

Materi yang diberikan yakni berupa pencatatan keuangan, perhitungan harga pokok penjualan, pemasaran, dan pengelolaan karyawan. Pendamping juga memberikan pemahaman terkait keutamaan ibadah wajib, pentingnya bersedekah rutin hingga bisa membayar zakat, serta semangat dan motivasi untuk menjalani hidup.

Kerja sama Global Wakaf-ACT dengan Zis Rohis Lintasarta kali ini merupakan kerja sama tahun kedua untuk membangun UMKM. Tahun 2021 lalu, sebanyak 25 pelaku Usaha Mikro telah diberikan bantuan modal usaha dan pendampingan, hingga akhirnya bisa meningkatkan taraf hidup sesuai dengan yang diharapkan. “Harapannya tahun ini manfaat program bisa lebih meningkat dan bermanfaat untuk para penerima manfaat, sehingga cita-cita bersama bisa terwujud,” harap Adit. []