Kemenag RI Dorong Lembaga Wakaf Sosialisasikan Wakaf Produktif

Kemenag RI Dorong Lembaga Wakaf Sosialisasikan Wakaf Produktif

GlobalWakaf, JAKARTA – Dalam rangka mengoptimalkan peran wakaf di Indonesia, Badan Wakaf Indonesia (BWI) mengundang sejumlah lembaga wakaf Indonesia dalam acara pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Badan Wakaf Indonesia di Jakarta, Kamis (24/11). Sebagai lembaga wakaf profesional di Indonesia, Global Wakaf Foundation turut hadir dalam kegiatan tersebut bersama beberapa lembaga wakaf lainnya seperti Yayasan Wakaf Al-Azhar, Dompet Dhuafa, Yayasan Bangun Nurani Bangsa, dan Yayasan Bani Umar.
 
Kegiatan yang bertujuan untuk menyinergikan kinerja BWI dengan seluruh lembaga wakaf di Indonesia tersebut dibuka oleh Prof. Dr. Abul Djamil selaku Direktorat Jenderal Haji dan Umroh Kementerian Agama Indonesia. 

 

“Praktek wakaf di Indonesia itu sudah lama sekali ada. Bahkan, ghirah (kemauan) wakaf umat Islam yang sangat besar terjadi pada masa kolonial, terbukti dengan banyaknya aset tanah wakaf yang diwakafkan pada masa itu. Ghirah inilah yang harus terus dihidupkan dan ditingkatkan,” ungkap Prof. Dr. Abdul Djamil yang kala itu hadir mewakili Mentri Agama.
 
Ia selanjutnya mengapresiasi kinerja BWI dan para lembaga (nazhir) wakaf di Indonesia yang telah membangkitkan kesadaran berwakaf di Indonesia. “Sebanyak 66% aset wakaf di Indonesia sudah tersertifikasi. Belum lagi kini masyarakat sudah mulai ‘melek’ dan berpartisipasi dalam wakaf produktif. Ini tentu dobrakan yang lebih baik atas paradigma lama perwakafan di Indonesia,” paparnya.
 
Mengingat tingginya benefit yang dihasilkan wakaf produktif bagi masyarakat umum, Abdul Djamil lantas mendorong BWI dan para nazhir wakaf produktif untuk terus mensosialisasikan ibadah tersebut kepada masyarakat Indonesia. Dengan banyaknya aset wakaf produktif yang dikelola, makin mudah pula masyarakat dalam mengakses aset-aset wakaf yang dirasa vital bagi kehidupan, seperti pendidikan, rumah sakit, dan gedung perkantoran.
 
“Kami, Kementerian Agama Indonesia beserta perwakilan kami di berbagai wilayah di Indonesia sangat mendukung praktik wakaf produktif. Kami siap untuk bekerja sama dengan BWI dan lembaga wakaf di Indonesia untuk optimalkan implementasi wakaf produktif ini,” pungkasnya.
 
Global Wakaf Foundation yang aktif mengembangkan peran wakaf produktif Indonesia mengapresiasi sambutan baik Pemerintah Indonesia tersebut. Hafit T. Mas’ud, perwakilan Global Wakaf Foundation yang kala itu hadir di Rakornas BWI menyatakan bahwa pihaknya dan sejumlah lembaga wakaf tengah menginisiasi Forum Wakaf Produktif.
 
Melalui forum tersebut, Global Wakaf mengajak seluruh lembaga wakaf di Indonesia untuk untuk sosialisasi bersama dan saling berbagi pengalaman dan pengetahuan untuk meningkatkan kapasitas serta kapabilitas pengelolaan wakaf produktif.
 
“Nantinya, Forum Wakaf Produktif ini juga gencar mensosialisasikan wakaf produktif kepada masyarakat luas. Tidak hanya itu, kami juga telah menginisiasikan Hari Wakaf Produktif yang akan ditetapkan pada 21 Mei nanti," ujarnya. []
 
Penulis: Dyah Sulistiowati
 

Tag

Belum ada tag sama sekali