Kemerdekaan Palestina Butuh Dukungan Masyarakat Dunia

Khasan Abu Khalil menyerukan masyarakat dunia untuk mendukung Palestina dan berkolaborasi Bersama Komite Kemanusiaan Internasional Pembebasan Palestina (KKIPP) yang bermarkas di Indonesia.

pemulihan palestina
Ilustrasi. ACT terus membersamai Palestina dalam pemulihan pascaserangan Israel. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Aksi Cepat Tanggap kedatangan tamu sekaligus mitra asal Palestina Hasan Abu Khalil. Hasan berkunjung ke kantor ACT Jumat (7/1/2022). Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan,, Palestina masih terus berjuang pulih pascaagresi Israel Mei 2021 lalu. Menurut Khalil, bantuan Sahabat Dermawan yang disampaikan ACT saat itu juga menjadi salah satu dorongan terbesar untuk masyarakat Gaza.

Saat ini, delapan bulan berlalu, masih banyak warga Gaza yang belum memiliki tempat tinggal setelah rumah mereka hancur. Masih banyak pula fasilitas publik seperti sekolah dan rumah sakit yang belum berfungsi. Khalil menerangkan, sejauh ini, otoritas Gaza terus mengerjakan proses renovasi. Misal, para siswa yang sekolahnya rusak dialihkan belajar ke sekolah lain–yang jaraknya cukup jauh dari tempat mereka tinggal.


Hasan Abu Khalil, mitra ACT di Palestina. (ACTNews/Rizki Febianto) 

"Banyak korban agresi Israel belum mendapatkan bantuan yang cukup hingga saat ini. Blokade Israel yang menghimpit Gaza, membuat bantuan kemanusiaan tidak optimal dilakukan,” kata Khalil.

Bergeser ke Yerusalem, Khalil mengatakan pasukan Israel masih kerap melakukan serangan ke warga Palestina di sana. Pasukan okupasi sering memasuki wilayah Al Aqsa dan menangkap warga Palestina tanpa alasan yang jelas.

Khalil mengajak semua masyarakat dunia, dan orang-orang yang peduli atas isu Palestina, untuk berkolaborasi Bersama Komite Kemanusiaan Internasional Pembebasan Palestina (KKIPP) yang bermarkas di Indonesia.

"Hal ini dilakukan untuk membangun kerja sama yang efektif, kolaborasi media, kolaborasi seruan, kolaborasi materi, kolaborasi moral, dan kolaborasi dari semua aspek strategis dalam mendukung masyarakat palestina untuk mencapai tujuan utama, yaitu kemerdekaan Palestina," jelasnya

Ia berharap warga dunia seluruh dunia dapat datang ke tanah Palestina, tanah yang indah, tanah yang baik, tanah yang di dalamnya penuh dengan tonggak sejarah peradaban agama.[]