Kenapa Harus Membayar Zakat Penghasilan? Ini Alasannya

Membayar zakat mal, khususnya zakat penghasilan adalah suatu kewajiban. Selain itu ada beberapa alasan lain kenapa harus membayar zakat penghasilan.

bayar zakat penghasilan
Ilustrasi. Distribusi bantuan pangan untuk mustahik menjadi salah satu program Global Zakat-ACT yang salah satunya bersumber dari pengelolaan zakat penghasilan. (ACTNews/M. Ubaidllah)

ACTNews, JAKARTA SELATAN – Kenapa harus membayar zakat penghasilan? Membayar zakat merupakan kewajiban bagi muslim yang memenuhi syarat. Alasannya, dengan membayar zakat sesuai ketentuannya, baik zakat fitrah maupun zakat maal yang termasuk zakat penghasilan di dalamnya, Anda telah berkontribusi dalam mengurangi kesenjangan antara kaya dan miskin. 

Banyak alasan untuk menunaikan zakat, khususnya zakat penghasilan. Dalam buku Panduan Zakat Praktis Kementerian Agama, zakat, baik fitrah maupun maal, memiliki posisi sangat penting, strategis, dan menentukan, yang dilihat dari ajaran Islam maupun dari sisi pembangunan kesejahteraan umat.

Dalam sejarah perkembangan Islam, zakat menjadi sumber penerimaan negara dan sebagai sarana syiar Islam serta penyediaan layanan kesejahteraan sosial.

Sementara itu, Sutaryo dari Tim Global Zakat-ACT menjelaskan, zakat memiliki sejumlah fungsi, yaitu:

Membersihkan harta dan hati

Menunaikan zakat mal, khususnya zakat penghasilan, bertujuan untuk membersihkan harta dan hati. Dalam Islam, setiap harta yang kita miliki ada hak orang lain di dalamnya. Yakni hak orang-orang yang masuk ke dalam delapan golongan penerima zakat. 

Dengan terbiasa membayarkan zakat penghasilan, akan timbul perasaan lega hati. Ini berkat kemampuan bisa membantu orang lain sekaligus menunaikan kewajiban sebagai seorang muslim,” kata Sutaryo, Selasa (31/8/2021). 

Andil dalam mewujudkan keadilan sosial

Seperti dijelaskan sebelumnya, zakat adalah salah satu upaya memperkecil kesenjangan antara orang kaya dan orang yang tidak mampu. Dengan rutin membayarkan zakat penghasilan, muzakki ikut andil membantu mengurangi kemiskinan. 

“Karena penyaluran zakat yang tepat sasaran, menyasar pada orang-orang yang kurang mampu dan membutuhkan bantuan materil, dapat membantu kehidupan mereka,” pungkasnya.

Dapat mengurangi pajak penghasilan 

Alasan selanjutnya kenapa harus menunaikan zakat adalah dapat mengurangi pajak yang harus Anda bayarkan kepada negara. Dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat Pasal 22 menyebutkan, Zakat yang dibayarkan oleh muzakki kepada BAZNAS atau LAZ dikurangkan dari penghasilan kena pajak. 

Sutaryo melanjutkan, Pasal 23 ayat 1 menyatakan BAZNAS atau LAZ wajib memberikan bukti setoran zakat kepada setiap muzaki. “Kenapa harus memberikan bukti? Karena ayat 2 Pasal 23 menyebutkan bukti setoran zakat digunakan sebagai pengurang penghasilan kena pajak,” ujarnya.[]