Kencleng Kemanusiaan, Cara Siswa SDIT At Taufiq Bantu Palestina

Para siswa SDIT At Taufiq Al Islamy menyimpan “kencleng kemanusiaan”. Celengan ini berisi uang saku yang mereka sisihkan untuk membantu saudara-saudara yang membutuhkan di Palestina.

Kencleng Kemanusiaan, Cara Siswa SDIT At Taufiq Bantu Palestina' photo
Siswa SDIT At Taufiq Al Islamy dengan bangga menunjukkan kencleng kemanusiaan mereka. (ACTNews/Rimayanti)

 ACTNews, TASIKMALAYA - Semangat membantu masyarakat Palestina terus mengalir dari pribadi-pribadi cilik di SDIT At Taufiq Al Islamy. Para siswa menyimpan “kencleng kemanusiaan”. Celengan ini berisi uang saku yang mereka sisihkan untuk membantu saudara-saudara yang membutuhkan di Palestina. Selama satu bulan lamanya, para siswa menabung di kencleng kemanusiaan yang mereka bawa pulang ke rumah.

Periode menabung di kencleng kemanusiaan dimulai sejak Januari hingga Selasa (11/2) lalu. Kegiatan ini sebelumnya pernah diselenggarakan juga pada November 2019 lalu. Tujuannya adalah untuk membangkitkan jiwa-jiwa kepedulian dan kedermawanan siswa-siswi SDIT At Taufiq Al Islamy. 

“Kencleng kemanusiaan yang dibawa ke rumah ini mengajarkan banyak makna kebaikan kepada anak, bahkan kepada anggota keluarganya yang lain yang ada di rumah mereka. Kan ada orang tuanya, kakaknya, atau neneknya. Artinya, bisa bersama-sama melakukan kebaikan,” ungkap Ummi Anna selaku Kepala Sekolah SDIT At Taufiq Al Islamy.

Bagi keluarga besar At Taufiq Al Islamy, Palestina sudah menjadi bagian dari mereka. Membela Palestina sama dengan membela saudara sendiri. Terlebih Al-Aqsa sebagai kiblat pertama umat muslim dan kotanya para nabi. Fakta ini mendorong SDIT At Taufiq untuk membantu Palestina. “Isu Palestina yang sudah lama dan berpuluh-puluh tahun ini kan belum juga ada solusi perdamaian yang baik, sehingga menjadikan kita tidak boleh diam. Dan hal-hal seperti ini (kencleng kemanusiaan) meskipun sedikit, namun konsisten bisa membantu saudara-saudara kita di sana” ungkap Anna.

Donasi yang terkumpul dari hasil kencleng kemanusiaan ini yakni Rp5.015.700,00. Donasi tersebut disalurkan melalui ACT Tasikmalaya untuk pemberian bantuan kursi roda bagi saudara difabel di Palestina yang kehilangan kaki akibat konflik kemanusiaan.

Asep Rosidin dari Tim Kemitraan ACT Tasikmalaya bersyukur atas konsistensi SDIT At Taufiq Al Islamy dalam membantu rakyat Palestina. Hal ini selaras dengan komitmen ACT untuk terus membersamai perjuangan masyarakat Palestina melalui berbagai program kemanusiaan. “Banyak sekali program yang digulirkan ACT untuk membantu saudara kita di Palestina, mulai dari pemenuhan pangan, air bersih, bahan bakar, pemberdayaan, dan pemberian bantuan kursi roda. Alhamdulillah di momen ini keluarga besar SDIT At Taufiq Al Islamy ikut serta untuk membantu. Kami ucapkan terima kasih dan semoga ikhtiar baik ini diberkahi Allah,” doa Asep. []


Bagikan