Kepedulian Dermawan yang Temani Marfuah hingga Hari Raya

Semenjak dua bulan lalu, Marfuah menggantungkan hidupnya dari bantuan dikarenakan penghasilannya sebagai guru mengaji kini terhenti akibat pandemi. Bahkan hingga Lebaran, Marfuah dapat memasak untuk keluarganya berkat bantuan dari para dermawan.

Marfuah di depan rumahnya ketika tim ACT mengantarkan makanan siap santap dari Humanity Food Truck. (ACTNews/Akbar)

ACTNews, JAKARTA – Sudah sekitar 2 bulan ini Marfuah tak lagi mengajar anak-anak mengaji karena pandemi menghentikannya. Otomatis pemasukannya per bulan pun terhenti. Padahal, anak-anak yang belajar mengaji dengannya pun dikenakan biaya seikhlasnya saja.

“Libur semuanya (anak-anak). Selama pandemi ini ya, tidak ada (pemasukan). Jadi ya di rumah saja,” ujar Marfuah ditemui di rumahnya di kawasan Kampung Muka, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara pada Ahad (24/5) lalu.

Ramadan kemarin menjadi Ramadan yang berbeda baginya karena untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa, ia hanya mengandalkan bantuan. Beruntung masih banyak dermawan yang peduli kepadanya, termasuk dari Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Bahkan sampai Lebaran, ACT masih terus membersamainya. Tidak hanya lewat makanan siap santap dari Humanity Food Truck yang datang pada hari itu, tapi beberapa hari sebelumnya ia juga mendapatkan paket beras gratis. Bantuan-bantuan ini yang kemudian  ia manfaatkan untuk memasak di waktu Idulfitri.


Tim ACT sedang mengantarkan bantuan di kawasan Kampung Muka. (ACTNews/Akbar)

“Ya (untuk kebutuhan sehari-hari) mengandalkan bantuan dari ACT. Seperti beras, mi instan, sarden. Waktu sahur sempat ada pembagian nasi juga. Ya alhamdulillah, ada bantuan. Kemarin kan ACT ada pembagian beras juga, lalu ada telur dan minyak juga bantuan dari orang lain. Jadi untuk Lebaran ini kita masak opor telur,” ucap Marfuah.

Selain mengetuk pintu Marfuah, tim ACT juga membagikan sajian Humanity Food Truck kepada ratusan warga lainnya. Sebanyak 500 paket makanan siap santap didistribusikan kepada warga dan sebagian dilakukan dari rumah ke rumah untuk memastikan imbauan pemerintah untuk menjaga jarak fisik tetap terlaksana.


“Untuk menjangkau warga lebih banyak lagi, kita juga turunkan tim untuk mengantarkan langsung dari rumah ke rumah, sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Alhamdulillah, masyarakat menyambut baik aksi kita pada hari ini,” tutur Robi selaku Koordinator Aksi Humanity Food Truck.

ACT menargetkan warga prasejahtera yang tinggal di Kampung Muka. Harapannya meskipun dalam keadaan sulit akibat pandemi, masyarakat dapat tetap bahagia dengan hadirnya amanah para dermawan yang selalu peduli kepada mereka.

“Hari ini kita membagikan 500 makanan siap santap untuk warga di Kampung Muka, bertepatan dengan hari raya Idulfitri. Harapan kita, meskipun keadaan sedang sulit karena pandemi seperti sekarang ini, tapi warga dapat tetap berbahagia karena kepedulian dari para dermawan,” kata Robi. []