Kepedulian untuk NTT Mengalir di Tengah Ramadan

Masuk pekan kedua Ramadan, BEM Poliban menyerahkan hasil penggalangan dananya untuk NTT melalui ACT Kalimantan Selatan. Mereka menggalang kepedulian bertepatan dengan Ramadan dengan harapan ikut ambil bagian dalam proses pemulihan pascabencana.

1
Penyerahan penggalangan kepedulian dari BEM Poliban di pekan kedua Ramadan. Dana ini disalurkan untuk membantu penyintas bencana di NTT. (ACTNews)

ACTNews, BANJARMASIN Bantuan untuk penyintas bencana banjir dan tanah longsor di Nusa Tenggara Timur terus mengalir. Kali ini, datang dari Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban). Selama hampir dua pekan, mereka melakukan penggalangan kepedulian yang kemudian disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap.

Saat ditemui di Kantor Cabang ACT Kalsel di Banjarmasin, Sabtu (24/4/2021) Menteri Sosial BEM Poliban Muhammad Andi Aldiky menuturkan, pihaknya tergerak untuk membantu penyintas bencana di NTT. Hingga akhirnya mendorong penggalangan kepedulian yang berasal dari mahasiswa dan masyarakat umum.

“Awalnya kami sempat down saat menggelar penggalangan dana dari tanggal 7 hingga 12 April, karena hasil penggalangan nihil. Akan tetapi, setelah melakukan  diskusi ke BEM kampus-kampus lain dan mengurus perizinan untuk aksi penggalangan dana, semua berjalan lancar,” tutur Andi.

Penggalangan secara daring juga sempat dilakukan di dua pekan pertama penggalangan kepedulian. Poster digital disebar ke berbagai kanal media sosial. Namun, penggalangan dana secara langsung di jalan-jalan dan pusat keramaian baru dilakukan pada 14 hingga 15 April. Waktu menjelang berbuka jadi momen penggalangan kepedulian ini, dan ternyata mampu menghimpun perhatian masyarakat dengan baik.

Andi berharap, bantuan yang disalurkan melalui ACT Kalsel dapat bermanfaat serta membantu para penyintas bencana di NTT. “Kita berharap kedermawanan yang diserahkan ini dapat membantu penyintas bencana di NTT, apalagi di bulan Ramadan seperti ini, semoga kita semua mendapatkan keberkahan,” tuntas Andi.

Bantuan yang diserahkan BEM Poliban sendiri, disambut oleh Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin. Apalagi, aksi penggalangan dana yang dilakukan BEM Poliban yang berkolaborasi dengan ACT Kalsel ini dilakukan di bulan suci Ramadan dan melibatkan banyak dermawan.

“Kendati sempat melakukan penggalangan dana dengan hasil yang kurang memuaskan, tidak mematahkan semangat mereka untuk membantu sesama, terutama penyintas bencana di NTT. Apalagi, aksi penggalangan dana dilakukan di jalan, di tengah bulan suci Ramadan. Semoga menjadi ladang ibadah bagi BEM Poliban dan seluruh dermawan. Kami mengapresiasi apa yang dilakukan,” kata Zainal.[]