Kepedulian Warga Maluku untuk Uighur

Selain menyuarakan dukungan untuk masyarakat Uighur, warga juga menggalang dana yang nantinya akan disalurkan untuk bantuan kemanusiaan Uighur.

Warga maluku menggelar aksi solidaritas untuk etnis Uighur di Kota Ambon. (ACTNews/Maya)

ACTNews, AMBON - Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) -ACT Maluku bersama Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia Maluku (KAMMI), Perhimpunan Penggerak Indonesia Sejahtera (PEPES), Commuty  Empawerment (COMMENT), dan Wanita Islam Provinsi Maluku turut peduli atas krisis kemanusiaan yang dialami etnis Uighur. Bersama, sejumlah ormas dan komunitas ini menggelar aksi “Maluku Peduli Uighur”. 

Aksi tersebut digelar di Lapangan Galunggung sampai Masjid Raya Al Fatah Kota Ambon pada Jumat (20/12). Selain menyuarakan dukungan untuk masyarakat Uighur, aksi tersebut juga menggalang dana yang nantinya akan disalurkan untuk bantuan kemanusiaan Uighur. Donasi yang terkumpul sebanyak Rp36.614.000,00.

Kepala Cabang ACT Maluku Wahab Loilatu mengatakan donasi yang terkumpul akan diberikan untuk diaspora Uighur yang menyintas di sejumlah negara, seperti Turki. “Hal ini mengingat kondisi diaspora Uighur tersebut umumnya sangat prasejahtera. Bantuan kemanusiaan diberikan dalam bentuk pangan, beasiswa, hingga bantuan musim dingin,” terang Wahab.

Habibi selaku Kepala Pembina Comment sangat mengapresiasi apa yang dilakukan ACT. “Apa yang dialami etnis Uighur mengetuk hati kami untuk melakukan aksi penggalangan dana bersama ACT,” kata Habibi.

Masyarakat Kota Ambon sangat mengapresiasi aksi ”Maluku Peduli Uighur”. Mereka berharap, masyarakat Uighur dapat menggenggam kembali hak mereka untuk beribadah dan kembali ke kampung halaman tanpa ada represi. []