Kerja Keras Novita Demi Masa Depan Anak-Anaknya

Semenjak menjadi orang tua tunggal, Novita Sari (30), harus mencari pekerjaan tambahan untuk mencukupi kebutuhan keluarga. Semua itu dilakukan dengan harapan anak-anaknya bisa meraih cita-cita di masa depan.

bantuan modal usaha act
Ilustrasi. Global Wakaf-ACT memberikan bantuan melalui Wakaf UMKM ini kepada 16 orang yang ada di Kota Padang pada Jumat (18/6/2021) lalu. (ACTNews)

ACTNews, PADANG – Selepas subuh, Novita Sari (30), langsung mengambil alat-alatnya dan berangkat bekerja. Ia merupakan seorang petugas kebersihan di wilayah Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang. Sambil berangkat bekerja, tak lupa ia menitipkan dagangan kue srikaya di warung-warung yang ia lewati.

Usaha berjualan kue ini telah Novita lakoni semenjak ia menjadi orang tua tunggal dua tahun lalu. Dengan penghasilan tambahan itu, ia berharap bisa mencukupi kebutuhan dua orang anaknya yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

"Semenjak berpisah dengan suami, saya yang mencari nafkah sendiri. Saya berusaha keras agar anak-anak bisa tumbuh dengan baik, jadi ke depannya bisa menjadi orang yang sukses," ujar Novita, Jumat (18/6/2021) lalu.

Namun saat ini, usaha kue srikaya yang ia jalankan terhambat oleh modal yang minim. Ditambah lagi, Novita punya tanggungan seorang nenek yang sudah sepuh dan tengah sakit, sehingga sebagian penghasilannya dialokasikan untuk pengobatan sang nenek.

"Pulang kerja, saya ngerawat nenek yang lagi sakit. Untuk merawatnya, saya dibantu sama adik yang tinggal di sini juga," tambah Novita.


Ikhtiar tingkatkan kapasitas usaha

Melihat perjuangan Novita, beberapa waktu lalu Global Wakaf-ACT menghadirkan bantuan modal usaha untuk meningkatkan kapasitas usahanya. Bantuan ini merupakan bagian dari Wakaf UMKM yang sumber dananya dari wakaf masyarakat. Dengan hadirnya modal, Novita berharap bisa meningkatkan hasil dagangannya untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Selain Novita, di Sumatra Barat, bakal ada ribuan pelaku usaha kecil seperti Novita yang akan mendapatkan bantuan modal serupa. Global Wakaf-ACT bersama Pemprov Sumbar telah berkomitmen untuk membantu para pengusaha kecil di tengah pandemi yang belum juga mereda.[]