Kesadaran Kesehatan Warga Kukuk Sumpung Masih Rendah

Dokter Ikhtiar Sasuminar yang ikut pada pelayanan kesehatan ini mengatakan, kesadaran warga pada kesehatan pribadi masih rendah. Hal ini terbukti dari banyak ditemukan warga yang mengalami sakit kulit.

Kesadaran Kesehatan Warga Kukuk Sumpung Masih Rendah' photo
Pelayanan kesehatan dari ACT untuk warga Kukuk Sumpung, Rumpin, Sabtu (30/11).(ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, KABUPATEN BOGOR – Aksi Cepat Tanggap (ACT) menggelar pelayanan kesehatan di Kampung Kukuk Sumpung, Desa Gobang, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, pada Sabtu (30/11). Puluhan warga tampak antusias mengikuti pelayanan kesehatan. Berbagai kalangan usia ikut hadir. Mereka memeriksakan kondisi kesehatannya.

Dokter Ikhtiar Sasuminar yang ikut pada aksi itu mengatakan, kesadaran warga pada kesehatan pribadi masih rendah. Hal ini terbukti dari banyak ditemukan warga yang mengalami sakit kulit. “Warga masih kurang menyadari untuk menjaga kesehatan diri masing-masing,” jelasnya.

Di Kukuk Sumpung, masih jarang rumah yang memiliki fasilitas MCK yang lengkap. Mereka masih terbiasa memanfaatkan sungai sebagai sarana kebersihan. Kebiasaan ini yang Dokter Ikhtiar khawatirkan membawa dampak kurang baik pada kesehatan warga. Untuk itu, kampung yang tiap tahunnya dijadikan wilayah kuliah kerja nyata dari berbagai universitas ini dibangun dua pintu untuk fasilitas MCK umum. "Dengan adanya MCK umum ini sebenarnya dapat mengurangi risiko dari kebiasaan menggunakan sungai sebagai sarana kebersihan," tambah Ikhtiar.

Rendahnya kesadaran kesehatan dan kebersihan juga dipengaruhi rendahnya tingkat pendidikan  dan kondisi ekonomi warga Kampung Kukuk Sumpung. Di kampung ini hanya ada sekolah dasar kelas jauh yang induknya berada di pusat desa. Sementara warganya mayoritas bekerja di sektor pertanian.  “Warga di sini kerja ya sebagai pekebun atau petani,” kata Putut Sulistyo Wibowo, salah satu warga Kukuk Sumpung, Sabtu (30/11).

Selain mengadakan pelayanan kesehatan di salah satu rumah warga, tim medis ACT juga melakukan kunjungan ke rumah warga yang tak mampu hadir ke lokasi pelayanan kesehatan. Cara ini dilakukan agar pemeriksaan kesehatan warga dapat dilakukan secara maksimal dan menyeluruh.


Suasana jalan Kampung Kukuk Sumpung, Rumpin. (ACTNews/Eko Ramdani)

Kukuk Sumpung merupakan kampung terakhir di Desa Gobang. Lokasinya berada di ketinggian perbukitan. Untuk sampai ke sana, dapat ditempuh lebih kurang dua hingga tiga jam perjalanan menggunakan kendaraan roda dua dari Jakarta. Namun, akan memakan waktu lebih lama lagi jika menggunakan kendaraan roda empat. Ini karena mobil tak dapat sampai ke kampung, perjalanan perlu dilanjutkan dengan menumpan ojek atau berjalan kaki lebih kurang 1,5 kilometer dari titik terakhir jalan yang dapat dilalui kendaraan roda empat.

Fasilitas jalan hingga ke Kukung Sumpung masih belum baik. Beberapa titik jalan ada yang aspalnya mengelupas. Bahkan, beberapa lainnya belum teraspal sama sekali. Medan yang dilalui juga cukup sulit, beberapa tanjakan curam dan berbelok tajam jadi lintasan yang harus dilalui. Kehati-hatian diperlukan karena jika tidak, jurang siap menyambut. []

Bagikan