Kesehatan Korban Kebakaran di Tangsel Perlu Diperhatikan

Sejumlah korban masih mengalami trauma yang mendalam. Belum lagi kondisi lingkungan, sanitasi, dan tempat pembuangan sampah di sekitar pengungsian korban belum layak.

Kebakaran tangsel
Tim Humanity Medical Services ACT sedang memberikan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis kepada para korban kebakaran di Kelurahan Jurangmangu, Tangerang Selatan. (ACTNews)

ACTNews, TANGERANG SELATAN – Aksi Cepat Tanggap (ACT) melalui Tim Humanity Medical Services (HMS) melakukan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis kepada para korban kebakaran di Jalan Haji Sarmili, Kelurahan Jurangmangu Timur, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Sabtu (28/8/2021) pagi. Satu unit ambulans ACT juga diturunkan ke lokasi.

Perwakilan Tim Humanity Medical Services dr. Annisa Kartikasari menjelaskan, dua dokter dan lima perawat ditugaskan untuk bakti sosial hari itu. “Para korban kebakaran banyak yang menderita penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), peradangan kulit (dermatitis), hipertensi, dan luka robek (vulnus laceratum),” kata dr. Annisa.

Paramedis juga melakukan pengecekan gizi dan kesehatan jiwa para korban. Menurut dr. Annisa, sejumlah korban masih mengalami trauma yang mendalam. “Jadi kami juga memberikan upaya promosi kesehatan berupa dukungan psikologi dan edukasi gizi,” tuturnya.

Tim Humanity Medical Services juga memantau kondisi lingkungan, sanitasi, dan kebersihan. Menurut pantauan tim, tempat pembuangan sampah di sekitar pengungsian warga belum memadai.

“Para korban masih perlu bantuan kemanusiaan dari berbagai pihak, mari saatnya kita kuatkan solidaritas bersama kepada mereka,” pungkas dr. Annisa.

Sebelumnya, Rabu (25/8/2021) dini hari, kobaran api melalap habis 100 bangunan rumah semi permanen di wilayah Jalan Haji Sarmili yang dikenal sebagai “kampung pemulung”. Sepuluh unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Api diketahui bersumber dari salah satu rumah.[]