Ketika Daging Kurban Masyarakat Indonesia Sampai ke Gorkha

Daging kurban turut menyemarakkan perayaan Iduladha umat muslim di Gorkha, Nepal, tahun lalu. Selain kebahagiaan, kurban juga menyambung silaturahmi umat muslim Indonesia dengan mereka.

Ketika Daging Kurban Masyarakat Indonesia Sampai ke Gorkha' photo
Warga di Gorkha, Nepal, menerima daging kurban pada Iduladha 1440 Hijriah. (ACTNews)

ACTNews, GORKHA – “Selamat hari raya Iduladha! Kami amat senang dengan daging kurbannya,” celetuk Animta Khatan (30) kepada mitra Global Qurban - ACT di Nepal. Ibu rumah tangga itu adalah salah satu warga Desa Deragau, Distrik Gorkha, yang turut menikmati daging kurban dari Global Qurban pada 1440 Hijriah lalu.

Selain Anmita, kegembiraan terpancar dari puluhan umat muslim lain yang kala itu tengah mengantre mengambil daging kurban. Daging kurban yang datang dari saudara jauh seolah jadi pelipur lara. Keadaan di Gorkha memang belum sejahtera, banyak masyarakat di desa-desa muslim di Gorkha yang jarang merasakan daging di kala merayakan Iduladha.

Kehadiran Global Qurban - ACT di Gorkha saat itu pun sekaligus menjadi penyambung silaturahmi. Bukan hanya soal kurban, penerima manfaat juga bercerita soal kondisi mereka.

“Kami juga membutuhkan bantuan untuk masjid dan sekolah-sekolah yang kondisinya buruk,” lanjut Animta. Ibu rumah tangga itu berharap, dengan uluran tangan saudara muslim di Indonesia, kehidupan sosial masyarakat di desanya dapat menjadi lebih baik lagi.

Nijamudin (36) seorang guru yang juga penerima manfaat mengutarakan harapan seperti Animta. Sebagai guru, ia prihatin dengan keadaan sekolah di desanya. “Semoga kalian (dermawan Indonesia) dapat membantu sekolah-sekolah kami,” kata Nijamudin, tanpa lupa menyertakan sederet doa untuk para pekurban Indonesia. Merayakan Iduladha dengan hidangan istimewa jadi satu hal yang amat disyukuri Nijamudin.

Kehadiran dermawan Indonesia di Nepal bukan hanya saat momen kurban 2019 saja. Empat tahun sebelumnya, ketika Nepal dilanda gempa, lembaga filantropi seinduk Global Qurban, Aksi Cepat Tanggap turut menyampaikan bantuan dari Indonesia.

Kini, Global Qurban – ACT terus berikhtiar meluaskan manfaat kurban. Tahun ini, distribusi 100.000 ekor hewan kurban setara sapi atau 700 ribu ekor setara kambing ditargetkan membahagiakan jutaan penerima manfaat.

Daging kurban diikhtiarkan menjangkau 34 provinsi, 275 kota/kabupaten dan berbagai negara. Selain itu, jejaring kemitraan juga terus diperluas, menambah lagi opsi kemudahan berkurban. Jejaring lokal bertambah, jejaring luar negeri diluaskan, saling berkolaborasi, menyukseskan perayaan akbar Iduladha 1441 H.[]



Bagikan