Keutamaan Sedekah yang Menunggu Para Dermawan

Salah satu keutamaan sedekah yakni Allah menjanjikan pahala dan balasan rezeki yang berlipat ganda sebagai ganjaran bagi orang yang menunaikan.

keutamaan sedekah
Ilustrasi. Allah juga akan memberikan keutamaan sedekah kepada orang yang mengajak saudaranya untuk bersedekah. (ACTNews/Rizki Febianto)

ACTNews, KABUPATEN TANGERANG – Ketika menerangkan tentang keutamaan sedekah, Ustaz Hafidz Assaifi mengutip salah satu hadis. Di mana Rasulullah SAW mengatakan bahwa setiap subuh, dua malaikat turun kepada seorang hamba. Malaikat pertama berdoa agar Allah menambahkan harta para dermawan, dan malaikat kedua mendoakan kerugian bagi orang-orang yang pelit. (HR Muttafaq Alaih dari Abu Hurairah RA)

“Ada yang sedekah dengan harta, ada yang sedekah dengan ilmu, ada yang sedekah dengan tenaga. Tapi apapun sedekahnya, Allah akan balas,” demikian kata Ustaz Hafidz Assaifi di tengah ceramah di Kampung Koper, Desa Koper, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, pada Sabtu (20/11/2021) lalu.

Saking dahsyatnya sedekah, ketika seseorang yang mengajak orang lain untuk berbagi dan dia tergerak untuk bersedekah, Allah menggganjar orang yang mengajak sedekah dengan kebaikan yang sama. “Walaupun kita cuma mengajak orang bersedekah, itu pahalanya tetap mengalir untuk kita, bahkan ketika tidur. Amalnya sudah luar biasa,” terang Ustaz Hafidz.


Ustaz Hafiz mengutip dalil bahwa setiap subuh dua malaikat yang mendoakan kebaikan bagi orang bersedekah, dan keburukan bagi orang yang kikir. (ACTNews/Reza Mardhani)

Mengutip hadis riwayat at-Tirmidzi, Ustaz Hafidz juga mengatakan harta hamba yang sedekah tidak akan berkurang, kecuali ia akan terus bertambah. Contoh Ustaz Hafiz mencontohkan melalui cerita seorang pengusaha kuliner asal Indonesia.

Awal ketika sang pengusaha merintis bisnis, ia menggratiskan 1.000 nasi goreng bagi para pelanggan. Dengan catatan, para pelanggan membayar cukup dengan sebuah doa. Dan dari usaha keras yang disertai ribuan doa, si pengusaha menemukan jalan keberhasilan.

“Bukan Allah kurangkan rezeki dia, Allah berikan dia peluang bisnis di mana pun, cabang bisnis di mana pun. Sehingga, aset dia sekarang bertambah, marketplace-nya di mana-mana, dan siapa sangka usaha dia sekarang menjadi usaha yang terkenal,” cerita Ustaz Hafidz sambil menerangkan usaha yang dimaksud kepada para jemaah.


Demikian hebatnya sedekah, bahkan beberapa ibadah pun memiliki nilai sedekah dan berbagi di dalamnya. Seperti puasa, zakat, membayar denda atau dam haji yang berupa kambing, serta membayar fidiah atau tebusan, dan membayar kafarat.

“Jadi poin utama kita (ibadah) adalah berbagi sebenarnya, dan kebahagiaan kita adalah berbagi dengan sesama. Kalau kita ingin ditolong Allah, maka tolong orang lain. Kalau kita ingin dibantu Allah, maka bantu orang lain,” pesan Ustaz Hafiz, menutup ceramahnya dengan salah satu ayat Al-Qur’an. []