Kisah Lansia di Riau, Berjibaku Mencari Nafkah di Usia Senja

Sungai Kampar menjadi sumber utama penghasilan bagi ratusan warga di Desa Kuala Terusan, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Bahkan untuk para lansia yang masih harus mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup, mereka menjual ikan hasil memancing di Sungai Kampar.

Kisah Lansia di Riau, Berjibaku Mencari Nafkah di Usia Senja' photo
Mitun (63), warga Desa Kuala terusan, salah satu penerima bantuan paket pangan dari ACT Riau. Mitun juga menjadi lansia yang mengandalkan hidup dengan menjual ikan hasil menjaring di Sungai Kampar. (ACTNews/Fathoni)

ACTNews, KABUPATEN PELALAWAN Mitun (63) bercerita, di usia senjanya ia tetap harus mencari nafkah. Warga Desa Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan itu masih harus membentangkan pukat untuk mendapatkan ikan.

“Nanti ikannya diasap lalu dijual. Sehari itu kadang dapat uang 20 sampai 30 ribu rupiah. Kadang juga enggak laku,” kata Mitun saat Aksi Cepat Tanggap Riau berkunjung ke desanya untuk membagikan bantuan paket pangan untuk lansia, Rabu (2/12).

Tidak hanya Mitun, banyak juga lansia yang masih mencari nafkah dengan berjualan ikan. Mereka melakukannya sejak muda, namun saat ini tetap dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kuala Terusan, Hedri, mengatakan, di Desa Kuala Terusan ada belasan lansia yang masih harus bekerja karena tuntutan ekonomi. 

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada ACT Riau yang sudah memperhatikan para lansia di Desa Kuala Terusan. Ia mengatakan, sebelumnya bantuan paket pangan hampir tidak pernah hadir untuk para lansia. “Kami bersyukur atas adanya bantuan ini. Kami berdoa semoga program paket pangan untuk lansia bisa hadir setiap bulan untuk membantu mereka,” kata Hedri.

Koordinator Program ACT Riau Benny Andrizal mengatakan, ACT Riau tengah menjalankan program Paket Pangan Lansia. Melalui program ini, masyarakat diajak menyejahterakan lansia dengan jangkauan se-Provinsi Riau. “Insyaallah kami juga akan melakukannya di tempat yang lain seiring lebih banyaknya kedermawanan yang diamanahkan ke ACT Riau. Bagi sahabat dermawan yang baru akan bergabung melalui program ini bisa menyalurkan donasinya melalui BNI Syariah atas nama Aksi Cepat Tanggap dengan nomor rekening 66 6000 0448 atau menghubungi ACT Riau di 0952 1000 1191,” terang Benny. []

Bagikan

Terpopuler