Klinik Indonesia Sediakan Layanan Fisioterapi untuk Anak-Anak Gaza

Klinik Indonesia di Gaza, tidak hanya memberikan layanan medis umum, tetapi juga menyediakan layanan fisioterapi untuk anak-anak.

klinik indonesia di palestina
Anak-anak Gaza mendapatkan layanan fisioterapi dari klinik ACT di Kota Gaza. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Selain memberikan layanan medis umum, klinik Indonesia di Kota Gaza juga memberikan layanan fisioterapi. Layanan ini merupakan tindakan rehabilitasi untuk menghindari atau meminimalisir keterbatasan fisik akibat cedera atau penyakit yang diderita warga Palestina di Gaza.

Firdaus Guritno dari tim Global Humanity Response ACT menjelaskan, terapi ini melibatkan anak-anak untuk aktif melakukan gerakan, sehingga ia terbiasa dengan fungsi normal tubuhnya. “Anak-anak akan dipandu oleh tim medis ACT menggunakan berbagai alat untuk mendukung terapi. Diharapkan anak-anak Gaza akan memiliki tubuh yang sehat dengan postur yang baik jika rutin mendapatkan layanan fisioterapi ini," ujarnya Senin (23/8/2021).

Lebih lanjut, Firdaus menyebut sejauh ini sudah puluhan anak yang terdaftar di layanan fisioterapi di Klinik Indonesia. Jumlahnya pun diperkirakan akan terus bertambah, sebab klinik ini mampu melayani hingga seribu pasien setiap bulan.

"Dari lima klinik Indonesia di Gaza, baru klinik di Kota Gaza saja yang menyediakan layanan fisioterapi. Tiap bulan, ada 500 hingga 700 sesi yang dapat diikuti oleh warga Gaza untuk mendapat layanan ini," jelas Firdaus.

Klinik Indonesia di Kota Gaza adalah satu dari lima klinik yang disediakan oleh ACT untuk memenuhi kebutuhan medis warga Palestina di Gaza. Klinik ini mampu memberikan layanan medis dan pemberian obat gratis untuk ribuan warga Gaza tiap bulannya. Bersinergi dengan ambulans dermawan, klinik ini juga menyediakan layanan home care. Tim medis ACT akan berkeliling menggunakan ambulans untuk memberikan perawatan kepada warga Gaza yang sakit di rumahnya.[]