Kolaborasi Bazar Amal di Kaltim untuk Kemanusiaan

Kolaborasi Bazar Amal di Kaltim untuk Kemanusiaan

ACTNews, BALIKPAPAN - Belakangan kabar tentang krisis kemanusiaan, baik akibat perang maupun bencana alam, sering terdengar. Tak hanya menimpa saudara sebangsa di Indonesia, tetapi juga di luar negeri. Mengingat fakta itu, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Timur pun tak ingin luput untuk turut serta dalam penanggulangannya.

Kali ini, ACT Kaltim berkolaborasi dengan Komunitas Yuk Cinta Sedekah (YCS), mengadakan Bazar Amal untuk sosial kemanusiaan di Masjid Manuntung, Pandansari, Balikpapan, Kalimantan Timur pada Ahad (3/3). Koordinator YCS dan Bazar Amal Mey Romadhoni mengatakan, acara berjalan dengan lancar, bahkan melebihi ekspektasi.

“Masya Allah, sungguh Allah yang menggerakkan para pembeli. Sebelum pukul 06.30 WITA, barang-barang baru mau disusun sudah diserbu pembeli. Antusiasnya sungguh luar biasa dan panitianya pun sungguh luar biasa juga sigap. Banyak yang sukarela menjadi panitia dadakan karena situasi yang langsung ramai,” ungkap Mey.

Ya, dalam bazar amal itu, ACT maupun YKS menjual berbagai jenis barang layak pakai yang telah dipilah berdasarkan kualitas dan harga. Mulai dari perlengkapan bayi, perlengkapan rumah tangga, baju anak, baju orang dewasa, hingga perlengkapan salat.

“Sangat senang, di sini selain belanja, kita secara otomatis juga bisa sedekah untuk mereka yang membutuhkan. Harga pun relatif murah, bahkan bisa ditawar lagi. Kebetulan saya beli mukena untuk anak saya, harganya hanya 35 ribu. Kalau bisa nanti adakan lagi ya bazarnya,” ungkap Sugiyati, salah satu pembeli asal Karangjati, Balikpapan, Kaltim.

Tak lupa Mey juga mengungkapkan rasa syukur kepada semua pihak yang terlibat di Bazar Amal. “Jazaakumullah khair kepada semua yang telah membantu, juga kepada masyarakat yang sangat antusias. Semoga hasil penjualannya dapat bermanfaat dengan baik, sehingga menjadi amal jariyah. Barakallah fiikum,” tutur Mey.

Insya Allah, kolaborasi kemanusiaan melalui Bazar Amal akan terus berjalan demi membersamai program-program kemanusiaan. Bazar akan digelar secara bergantian di tempat yang berbeda-beda. Tak hanya di Balikpapan, kata Mey, bisa jadi nasional dan internasional. []