Kolaborasi Gojek dan ACT Jadikan Sekolah Bersih dan Sehat

Sejak Oktober 2019 lalu, Gojek telah berkolaborasi dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk menjalankan sejumlah program sosial untuk menjangkau lapisan masyarakat yang membutuhkan.

Kolaborasi Gojek dan ACT Jadikan Sekolah Bersih dan Sehat' photo
Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah (MII) Kota Jawa, Olok Gading, Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung berfoto bersama tim Gojek dan ACT Lampung. MII Kota Jawa menerima bantuan perbaikan fasilitas MCK dari Gojek dan ACT Lampung melalui program KOMPAK (Kegiatan Gojek Memberi Dampak). (ACTNews)

ACTNews, BANDAR LAMPUNG Fasilitas mandi, cuci, kakus di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah (MII) Kota Jawa, Olok Gading, Teluk Betung Barat, Kota Bandar Lampung akhirnya diresmikan pada Selasa  (26/11). Bantuan itu diberikan Gojek melalui kegiatan yang bertajuk KOMPAK (Kegiatan Gojek Memberi Dampak).

Melalui dukungan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lampung, Gojek juga membagikan makanan kepada jemaah sejumlah masjid di Bandar Lampung, pengadaan bengkel gizi bagi warga di wilayah yang membutuhkan, dan juga memperbaiki fasilitas MCK.

Vice President Gojek wilayah Sumbagsel Erika Agustine mengatakan, Gojek memandang kebersihan dan kesehatan sebagai hal yang sangat penting. Terlebih berkait dengan keberadaan sekolah yang merupakan tempat menempuh pendidikan. “Dengan memperbaiki fasilitas MCK di sejumlah sekolah dasar, kami bukan hanya ingin meningkatkan kualitas fasilitas, tetapi juga wawasan mengenai kebersihan dan kesehatan,” kata Erika.

Dalam menerapkan perbaikan fasilitas MCK. Gojek menggandeng Puskesmas Bakung untuk turut memberikan edukasi kebersihan dan kesehatan serta pemeriksaan kesehatan gratis kepada siswa. “Tentunya semua itu tidak mungkin kami lakukan tanpa dukungan berbagai pihak, terutama ACT dan instansi pemerintah yang telah memberi kami kesempatan untuk untuk mewujudkan kegiatan positif ini,” sambung Erika.

Sebagai perusahaan teknologi karya anak bangsa dengan salah satu visi memberikan dampak sosial, Gojek sangat antusias menjalankan program KOMPAK hingga akhir tahun 2019. “Melalui teknologi, kami telah membuktikan dampak sosial dan ekonomi dapat dirasakan secara meluas, baik di dalam maupun di luar ekosistem kami. Komitmen ini akan terus kami pegang dengan terus membuka mata dan telinga terhadap kebutuhan masyarakat, dan membuka diri dengan berbagai pihak yang memiliki misi yang sama dengan Gojek, untuk mewujudkan Indonesia yang sejahtera,” tutur Erika.

Turut hadir di lokasi peresmian Kepala Cabang ACT Lampung Dian Eka Darma Wahyuni. Dian amat mengapresiai kolaborasi bersama Gojek. “Berangkat dari ungkapan ‘di mana ada niat baik, di situ pula jalan akan terbuka’, Kami yakin ungkapan ini yang membuat seluruh rangkaian kegiatan KOMPAK dapat berjalan tanpa kendala berarti. Khusus mengenai perbaikan fasilitas MCK di sekolah dasar. Kami percaya akan menjadi bagian tidak terpisahkan dalam tumbuh kembang anak-anak kita, para pelajar. Sehingga, pada akhirnya mereka akan menjadi generasi penerus yang berperilaku bersih dan sehat,” ungkapnya.

Sambutan positif juga disampaikan Idham Basar selaku Camat Teluk Betung Barat. Ia menilai, sadar kebersihan dan kesehatan perlu ditanamkan dan dimiliki seluruh unsur masyarakat, termasuk siswa.

“Perbaikan fasilitas MCK yang memadai bisa menjadi awal yang baik dalam menanamkan nilai-nilai kebersihan sekaligus menunjang pembentukan kesehatan anak-anak kita. Saya yakin, melalui kegiatan ini, Gojek telah meninggalkan kesan yang baik di tengah masyarakat Lampung. Mewakili pemerintah, kami juga menantikan inisiatif-inisiatif positif lain dari Gojek yang akan dapat dirasakan langsung masyarakat. Pada akhirnya, saya berpesan kepada sekolah-sekolah yang telah mendapatkan fasilitas MCK yang baik ini, untuk dapat terus menjaga dan merawatnya untuk kepentingan bersama,” ungkap Idham.

Selain di Lampung, KOMPAK juga diadakan di Palembang. Dengan waktu yang berdekatan, program sosial ini diadakan di Bumi Sriwijaya pada 27 November 2019 dengan pembagian sembako dan pemeriksaan kesehatan gratis di daerah Ulu Plaju, dengan melibatkan puluhan mitra dan karyawan GOJEK. []

Bagikan