Kolaborasi Kebaikan ACT dan Tempo.co dalam Sedekah Pangan

Aksi Cepat Tanggap terus menggandeng sejumlah mitra meluaskan kebaikan Lumbung Sedekah Pangan. Lumbung Sedekah Pangan dibuka di Masjid Al Marjan, Ratu Jaya Cipayung Depok, Sabtu (5/9). Unit LSP tersebut dibuka atas kolaborasi ACT dan TEMPO Media Group.

Kolaborasi Kebaikan ACT dan Tempo.co dalam Sedekah Pangan' photo
Lumbung Sedekah Pangan di Masjid Al Marjan, Ratu Jaya Cipayung Depok. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA – Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan yang diinisiasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus meluas ke berbagai penjuru Nusantara. Gerakan tersebut terus menambah jumlah Lumbung Sedekah Pangan di berbagai wilayah, tidak terkecuali di salah satu Induk Posko Unit Masjid Al Marjan, Ratu Jaya Cipayung Depok. Lumbung Sedekah Pangan ini dibuka atas kolaborasi ACT dan TEMPO Media Group, Sabtu (5/9).

Induk Posko Unit ini diresmikan oleh Camat Cipayung Depok bersama lima lurah wilayah Cipayung, pengurus Masjid Al Marjan Depok, Dewan Masjid Indonesia, IKADI dan TEMPO Media Group sebagai salah satu mitra. Gerakan ini pun melibatkan masyarakat umum turut berpartisipasi memenuhi pangan masyarakat yang membutuhkan.

Kepala cabang ACT Depok Gunawan Mukti Aji menjelaskan, Aksi Cepat Tanggap menjadi saksi, bahwa di tengah kondisi ekonomi yang sulit sekalipun, masyarakat masih berbondong-bondong bersedekah. Untuk itulah, ACT berikhtiar menjadi wadah yang mampu menampung arus sedekah yang begitu besar. “Lumbung Sedekah Pangan pada dasarnya sebuah wadah untuk menampung sedekah para donatur, khususnya bantuan pangan, untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Gunawan.

Gunawan melanjutkan, lokasi Masjid Al Marjan Permata Depok Regency, Ratu Jaya Cipayung Depok dipilih menjadi posko unit karena cukup strategis. Masjid yang tidak jauh dari jalan Jl Raya Citayam, menjadi tempat jamaah berhenti sejenak dari aktivitasnya untuk menunaikan ibadah. Selain Itu masjid Al Marjan adalah sebagai masjid percontohan di wilayah Cipayung dengan model manajemen dan pengelolaan SDM yang baik.

“Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan ini ACT inisiasi agar dapat menggerakkan setiap individu atau kelompok dan tidak terbatas usia, agama, hingga suku. Gerakan ini bisa dilakukan oleh semua orang karena pandemi Covid-19 berdampak pada ekonomi nyaris ke semua golongan,” jelas Gunawan.

Dalam kesempatan lain Kepala Divisi Komunikasi Pemasaran Tempo Gilang Rahadian juga berharap, kolaborasi ini menyebarkan kebaikan. “Kami berharap semangat kedermawanan turut hadir bagi pembaca TEMPO,” ujarnya.

Ustaz Hendra Saputra selaku Ketua Pengurus Al Marjan pun mendukung kehadiran Lumbung Sedekah pangan. Ia mengatakan, melalui Lumbung Sedekah Pangan, kebaikan pribadi sepatutnya dapat ditularkan kepada sosial. “Bersama kita dukung sesama,” kata Ustaz Hendra.

Pada kesempatan ini pula Plt Camat Cipayung drg. Asloe`ah Madji turut berharap kegiatan ini dapat dicontoh di tempat lain. “Tidak hanya pada level RT, RW, namun seluruh tempat di sekitar masjid,” jelasnya.

Yuk, bersama penuhi Lumbung Sedekah Pangan Nasional! Bersama, kita bantu saudara-saudara yang membutuhkan di tengah jeratan kemiskinan. www.indonesiadermawan.id/LumbungSedekahPangan.[]

Bagikan