Kolaborasi Kebaikan Lengkapi Syukuran Qurban di Balikpapan

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kaltim bersama CV Arteta membagikan daging kurban, paket sembako dan uang saku kepada warga di 3 RT di Kelurahan Sungai Nangka, Balikpapan.

Kolaborasi Kebaikan Lengkapi Syukuran Qurban di Balikpapan' photo

ACTNews, BALIKPAPAN – Rangkaian terakhir program Syukuran Qurban yang dilakukan selama tiga hari berturut-turut ini, ditutup dengan aksi kolaborasi kemanusiaan. Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kaltim bersama CV Arteta membagikan daging kurban, paket sembako dan uang saku kepada warga di 3 RT di Kelurahan Sungai Nangka, Balikpapan, Selasa (13/8).

Warga yang menjadi sasaran pendistribusian bantuan kali ini yakni mereka yang belum mendapatkan daging dan tingkat perekonomiannya menengah ke bawah. Masyarakat RT 1, 2, dan 3 memang mayoritas berprofesi sebagai buruh tenaga bantuan (naban), serabutan, bahkan pemulung. Tak sedikit di antara anak-anak mereka yang juga diajak memulung selepas bersekolah.

Eko selaku Pemilik CV Arteta menjelaskan, kondisi ekonomi warga yang rendah membuat mereka hidup seadanya, bahkan kurang layak. “Malah ada beberapa warga yang bikin rumah seadanya di atas kuburan karena sudah bingung mau tinggal di mana dan tidak punya biaya. Saya rencananya ingin buka rumah tahfiz di area sini biar anak-anak di sini juga bisa disibukkan dengan hal-hal positif, bukan sebaliknya,” kata perempuan yang begitu peduli dengan kondisi warga Sungai Nangka

Ia mengatakan, pembagian sembako dan uang saku tersebut juga bertujuan untuk menghibur para warga yang belum memperoleh daging kurban, bahkan sangat jarang makan daging. Sebelumnya, CV Arteta dan ACT Kaltim kerap berkolaborasi di berbagai program lokal di Balikpapan. Hal ini juga sesuai dengan visi kedermawanan yang dimiliki oleh Eko dan keluarga.


“Insyaallah ini merupakan ikhtiar kami untuk bisa meluaskan keberkahan Iduladha 1440 H agar bisa dinikmati oleh banyak umat. Alhamdulillah di Balikpapan sendiri kami telah mendistribusikan empat sapi hingga ke berbagai wilayah, seperti di Gunung Binjai, Kampung Nelayan RT 40, dan sekarang di sini.” Jelas Andi Muhammad Akbar dari Tim Kemitraan ACT Kaltim.

Kegiatan ini sangat disambut baik oleh para warga dan ketua RT 1, 2, dan 3. Hal ini terlihat dari begitu semangatnya para warga membantu panitia, mulai dari proses penyembelihan, pengulitan, pencacahan, penimbangan, serta masak-memasak. []

Bagikan