Kolaborasi Kebaikan untuk Korban Bencana Kebakaran di Lahat

Kebakaran yang menghanguskan permukiman padat penduduk di Pasar Bawah, Lahat membuat korbannya harus kehilangan rumah dan harta benda. Saat ini mereka masih membutuhkan bantuan dan sebagian bertahan di pengungsian.

Kolaborasi Kebaikan untuk Korban Bencana Kebakaran di Lahat' photo
Relawan MRI-ACT Sumsel ikut membersihkan puing sisa kebakaran di Pasar Bawah, Lahat. Selain aksi ini, ACT juga mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk korban terdampak. (ACTNews/Aditya Marselo)

ACTNews, LAHAT Setelah si jago merah melahap kawasan padat penduduk di Pasar Bawah, Lahat, pada Ahad (4/10) lalu, sebanyak 480 jiwa terpaksa mengungsi akibat hangusnya rumah serta harta benda mereka. Kebakaran ini terjadi di permukiman padat penduduk, yang diduga berawal dari salah satu rumah yang kemudian merambat dan meluas hingga membakar rumah di dua RT. Petugas pemadam kebakaran dibantu warga pun berusaha memadamkan api.

Setelah kejadian ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia merespons dengan menyalurkan berbagai kebutuhan pokok bagi warga terdampak, Senin (5/10). Aksi ini berkolaborasi dengan organsasi serta komunitas di wilayah setempat untuk pendistribusian. “Bantuan yang diberikan berupa paket pangan, perlengkapan bayi dan anak-anak, susu, alat salat, perlengkapan sanitasi serta obat-obatan,” jelas Aris dari tim Program ACT Sumatra Selatan.

Selain menyerahkan bantuan yang mendesak dipenuhi untuk penyintas kebakaran, ACT juga membuka posko bantuan bersama komunitas setempat serta melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan, mendirikan dapur umum hingga pembersihan puing sisa kebakaran. Respons ini dilakukan karena korban kebakaran hingga kini masih membutuhkan bantuan. Ada 100 keluarga yang menjadi penyintas bencana ini.

Bantuan pun terus mengalir dari masyarakat dan berbagai komunitas. Mereka ada yang datang langsung ke posko bencana di Lahat, tapi tak sedikit juga yang menyalurkannya melalui Kantor Cabang ACT di Palembang. Proses penggalangan pun terus dilakukan. Selasa (6/10) kemarin, MRI Sumsel bersama komunitas yang menamai diri Aliansi Pemuda Palembang Peduli Kebakaran Lahat menggalang kepedulian masyarakat.

Koordinasi Aksi Rendi Candra mengatakan, aksi yang digelar merupakan bentuk kepedulian dari komunitas di Sumsel atas musibah yang melanda warga di Pasar Bawah. Kagiatan baik ini pun akan dilakukan hingga sepekan ke depan di dua titik. Semua kegiatan pun dilaksanakan dengan memperhatikan protokol keseahtan “Harapannya, semua langkah ini bisa membantu saudara kita,” harap Rendi.

ACT Sumsel sendiri terus membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin menyalurkan bantuan dalam bentuk donasi tunai maupun natura. Baik secara langsung di antarkan ke Kantor Cabang ACT maupun transfer melalui rekening BNI Syariah 66-0000-5505 atas nama Aksi Cepat Tanggap.[]

Bagikan

Terpopuler