Kolaborasi Kemanusiaan Bantu Lansia di Setokok, Batam

Wujud perhatian pada lansia ACT tunjukkan dengan menghadirkan layanan pemeriksaan medis serta pendistribusian paket pangan gratis. Aksi ini dilakukan bersama AMSA serta Kawan Laut di Pulau Setokok, Batam.

act batam
Pemeriksaan kesehatan kepada warga Pulau Setokok, Batam. (ACTNews)

ACTNews, BATAM – Pekan pertama September, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Batam isi dengan menggelar aksi pelayanan kesehatan bagi lansia di Pulau Setokok, Bulang, Batam. Aksi kali ini berkolaborasi bersama tim medis Asian Medical Students’ Association (AMSA) Universitas Batam dan Kawan Laut. Selain layanan kesehatan, lansia di pulau tersebut juga mendapatkan paket pangan dari Operasi Pangan Gratis.

Di sela-sela pelayanan kesehatan, AMSA juga mengedukasi warga akan pentingnya menjaga kesehatan. Adanya kegiatan ini pun disambut baik oleh warga sekitar dan tokoh masyarakat. Mereka berharap program ini dapat berlanjut dan kembali hadir di wilayah mereka.

Di Kota Batam, khususnya Pulau Setokok, masih banyak lansia yang hidup sebatang kara atau hanya tinggal bersama pasangannya saja. Kondisi mereka pun dalam keterbatasan, khususnya ekonomi. “Aksi kali ini merupakan wujud kami memberikan perhatian terbaik untuk lansia di Setokok,” ungkap Khairul dari tim Program ACT Kepulauan Riau.

Salah satu penerima layanan pemeriksaan kesehatan gratis ini ialah Gaya, perempuan lansia yang tinggal di Setokok. Untaian terima kasih pun terus diucapkan, terlebih saat juga menerima paket pangan. “Terima kasih dapat sembako juga,” ungkapnya.[]