Kolaborasi Kemanusiaan Cegah Penularan Covid-19

Usai libur semester, Universitas Prasetya Mulya menerapkan pemeriksaan suhu tubuh mahasiswa. Berkolaborasi dengan Aksi Cepat Tanggap, kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19.

Kolaborasi Kemanusiaan Cegah Penularan Covid-19' photo
Mahasiswa Universitas Prasetya Mulya BSD, Serpong, Tangerang Selatan, menjalani pengecekan suhu tubuh oleh tim medis Aksi Cepat Tanggap. Usai liburan semester, pihak universitas menerapkan pemeriksaan untuk mahasiswa setiap hari sebelum masuk kelas. (ACTNews)

ACTNew, TANGERANG SELATAN – Antisipasi dini untuk menimalisir penularan Covid-19 telah banyak dilakukan masyarakat, salah satunya Universitas Prasetya Mulya. Memasuki semester baru, usai libur panjang, Universitas Prasetya Mulya melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada mahasiswanya selama sepekan, mulai Senin (2/3) hingga Jumat (6/3).

Sella Eka Yuli Putri dari Tim Medis Aksi Cepat Tanggap mengatakan, kolaborasi ini merupakan salah satu aksi yang dilakukan ACT dalam menghadapi wabah Covid-19. “Selain edukasi dan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat, kami mengambil peran membantu masyarakat yang membutuhkan tenaga medis dalam antisipasi penularan virus Corona ini,” terang Sella, Kamis (5/3).

Setiap hari sejumlah relawan medis ACT gantian bertugas untuk pemeriksaan mahasiswa. Dalam sehari, minimal 2.500 mahasiswa menjalani pengecekan suhu tubuh.

Staf Kemahasiswaan Universitas Prasetya Mulya Andika Nur Shabrina mengatakan, pemeriksaan suhu tubuh mahasiswa dilakukan setiap hari di pekan pertama semester baru. Hal ini dilakukan mengingat mahasiswa Universitas Prasetya Mulya selama libur semester melakukan perjalanan jauh termasuk ke luar negeri.

“Arahan dari kampus, kami memang ada pemeriksaan oleh staf profesional. Kami menghubungi ACT karena sebelumnya juga berkolaborasi dengan tim medis saat wisuda,” kata Ika. Selain cek suhu tubuh, universitas juga akan membawa mahasiswa yang demam dengan suhu tubuh tinggi ke rumah sakit terdekat. Universitas Prasetya Mulya juga memberikan edukasi pencegahan penularan Covid-19 dengan memasang poster informasi.

Wihdatul Aqidah mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Prasetya Mulya pun mengapresiasi kehadiran ACT di kampusnya. Wihda bangga dengan aksi ACT yang turut hadir membersamai masyarakat dalam merespons isu Covid-19. Menurut mahasiswa asal Maros ini, peran masyarakat dan LSM dirasa membantu kinerja peran pemerintah dalam mengedukasi perilaku hidup bersih dan sehat. “Kalau bisa, di semua tempat ada yang bantu kayak gini (ACT),” harap Wihda.[]


Bagikan

Terpopuler