Kolaborasi Kemanusiaan Global, Ikhtiar Percepat Pemulihan Pascabencana Gempa Maluku

Berikhtiar mempercepat proses pemulihan pascabencana gempa di Maluku, ACT berkolaborasi dengan sejumlah institusi dan komunitas global. Mereka di antaranya Global Giving, PPI Dunia, dan 1 Day 1 Ztoty.

Kolaborasi Kemanusiaan Global, Ikhtiar Percepat Pemulihan Pascabencana Gempa Maluku' photo
Sebanyak 150 keluarga mendapatkan bantuan pangan ini. Mereka masih mengungsi mengingat rumah yang ditinggali rusak sedang hingga parah. (ACTNews/Rofiq Sholaudin)

ACTNews, MALUKU TENGAH - Ikhtiar pemulihan pascabencana gempa di Maluku terus berlanjut. ACT berkolaborasi dengan Global Giving, PPI Dunia, dan 1 Day 1 Ztoty memberikan bantuan kepada para penyintas gempa. Sejumlah titik pengungsian dijangkau, yakni Dusun Watala dan  Dusun Lata di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (15/1).

Bantuan yang diberikan berupa paket pangan, terdiri dari beras, gula pasir, minyak goreng, air mineral, dan teh. Sebanyak 150 keluarga mendapatkan bantuan pangan ini. Mereka masih mengungsi mengingat rumah yang ditinggali rusak sedang hingga parah. Selain itu, kekhawatiran akan adanya gempa susulan yang sering mengguncang membuat mereka memilih tinggal di pengungsian yang ada di dataran tinggi.

“ACT akan terus membersamai para lorban gempa di Maluku untuk melewati masa mulihan pascabencana. Kolaborasi kemanusiaan akan terus kami jalin demi mempercepat proses pemulihan,” ungkap Wahab Loilatu selaku Kepala Cabang ACT Maluku.

Warga terdampak gempa di Dusun Watala dan Dusun Lata yang berada di Desa Liang merasa terbantu dengan kebutuhan pangan yang diberikan oleh ACT. Salah satu warga menuturkan bahwa memasuki tahun 2020, tidak ada bantuan yang masuk, sementara mereka bertahan di tenda pengungsian dengan serba kekurangan. []


Bagikan