Kolaborasi Kemanusiaan Padamkan Karhutla di Pontianak

Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Pontianak. Api yang diduga dari sisa kebakaran hutan pekan lalu kembali membara di Kecamatan Pontianak Utara. Masyarakat Relawan Indonesia Pontianak ikut dalam aksi memadamkan api, Kamis (25/2/2021).

masyarakat relawan indonesia
Relawan MRI Kalimantan Barat ikut memadamkan api pada kebakaran lahan di Kecamatan Pontianak Utara, Kota Pontianak, Kamis (25/2/2021). (ACTNews)

ACTNews, PONTIANAK Kebakaran hutan dan lahan terjadi di Jalan Sungai Selamat Dalam, Kelurahan Siantan Hilir, Kecamatan Pontianak Utara, Kamis (25/2/202). Api diduga berasal dari sisa-sisa kebakaran yang terjadi beberapa hari lalu.

Ketua Harian Relawan MRI Kalimantan Barat Wahyu menerangkan, udara yang sangat panas mencapai 40 derajat Celcius turut memperparah keadaan. Kondisi ini sudah berlangsung selama satu pekan. Tidak ada hujan yang turun memperbesar munculnya api yang lebih besar.

"Saat memadamkan, baru satu pemadam kebakaran yang menuju lokasi untuk memadamkan kebakaran. Kami juga mengerahkan sejumlah relawan untuk membantu damkar. Semoga kebakaran ini bisa segera teratasi dan tidak berdampak semakin luas," ujar Wahyu.

Koordinator Tim Program Aksi Cepat Tanggap Kalimantan Barat Nircho Dwi Anggoro mengatakan, dalam mengatasi permasalahan berulang karhutla butuh kolaborasi semua pihak. Nircho mengajak masyarakat Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya untuk menyayangi lingkungan dan meminimalisir pembakaran hutan. 

“Untuk Sahabat Dermawan yang berada di luar Kalimantan Barat bisa mendukung kami melalui bantuan terbaik di Iaman Indonesia Dermawan. Kebaikan sahabat bisa disampaikan untuk membantu masyarakat pemadam api yang bekerja sukarela hingga warga terdampak karhutla,” ajak Nircho.[]